PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI APLIKASI TURUNAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode problemsolving terhadap hasil belajar siswa pada Materi Aplikasi Turunan di Kelas XI SMA Swasta Daerah Meranti Tahun Pelajaran 2015/2016, Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMA Swasta Daerah Meranti. Sampel penelitian kelas X1 IPA1 dengan jumlah siswa 34 siswa, XI IPA2 dengan jumlah siswa 34 siswa. Kelas X1 IPA1 sebagai eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. XI IPA1 dilakukan penelitian dengan metode problem solving dan kelas XI IPA2 menggunakan metode konvensional. Alat pengumpulan data digunakan tes belajar siswa pada materi Aplikasi Turunan dengan bentuk tes esai. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal-soal materi Aplikasi Turunan yang diajarkan dengan metode problem solving yaitu XI IPA1 diperoleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Nilai thitung = 2,22 dan ttabel = 1,99, maka Ha diterima.
Full Text:
PDFReferences
Hakiim, Lukmanul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Hanina. (2014). Psikologi Pendidikan. Medan. (Kalangan sendiri).
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Siregar, T.R. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Double Loop Problem Solving (DLPS) Pada Materi Lingkaran. Mathematics Paedagogic.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata, N.S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.
Sukmawarti. (2012). Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika.
Medan. (kalangan sendiri).
Tirtarahardja, Umar. dan La sulo. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.120
Refbacks
- There are currently no refbacks.