PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED
Abstract
This study aims to improve students' creative thinking skills by using the Open-Ended approach in the Mathematics XI Grades class at SMKN 2 Behavior. This study uses a classroom action research method with the subject of the study is class XI Grafika SMK 2 Behavior, with a total of 25 students. This research is carried out in two cycles. Based on the results of research conducted on increasing students 'creative thinking abilities in Mathematics subjects using the open-ended approach, it can be concluded that using an open-ended approach can improve students' creative thinking abilities in Fraction Count Operations in SMK XI class. The open-ended approach invites students to think more openly in solving story problems.
Keywords: creative thinking; open-ended; fractional count
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pendekatan Open-Ended pada mata pelajaran Matematika kelas XI Grafika SMKN 2 Cilaku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Grafika SMKN 2 Cilaku, dengan jumlah 25 siswa. Penilitian ini dilaksanakan dalan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajara Matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended maka dapat disimpulan dengan menggunakan pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatis siswa pada materi Operasi Hitung Pecahan di kelas XI SMK. Pendekatan open-ended mengajak siswa untuk berpikir lebih terbuka dalam menyelesaikan soal cerita.
Kata kunci: berpikir kreatif; open-ended; operasi hitung pecahan
Full Text:
PDFReferences
Anita, I. W. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1287
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136. DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553
Faridah, N., Isrok’atun, & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1061–1070. https://doi.org/https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3025
Novtiar, C., & Aripi, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Pane, I. P. P. (2019). Efektifitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di MAN Tapanuli Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 22–28. Retrieved from http:// journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/977
Sapta, A., & Syahputra, E. Hamid K, A. (2017, October). The Use of Rewards in Improving Self-Efficacy. In 2nd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2017). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/ 10.2991/aisteel-17.2017.22
Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis siswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239-246. DOI: http:// dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16685
Sulianto, J., Sunardi, S., Anitah, S., & Gunarhadi, G. (2019). Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(4), 396-403. DOI: http:// dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21312
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i2.1100
Refbacks
- There are currently no refbacks.