PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERORIENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan tingkat ketuntasan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah; (2) Mendeskripsikan tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan masalah; (3) Mendeskripsikan aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berdasarkan masalah dan (4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berdasarkan masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 2Tanah Jawa, dan sampelnya dipilih secara acak dengan VIII-7 yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pemahaman konsep matematis siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,875. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat ketuntasan kemampuan pemahaman kosep matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah yaitu secara klasikal sebesar 85,71% sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ujicoba yaitu 0,41 meningkat menjadi 3,06. Aspek kemampuan pemahaman konsep matematis yang paling tinggi peningkatannya adalah pada aspek mendefinisikan; (2) Tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan masalah sudah dapat dikatakan efektif, sebab rata-rata kemapuan guru mengelola telah mencapai kriteria minimal; (3) Aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berdasarkan masalah sudah berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berdasarkan masalah sudah menunjukkan respon yang positip.Peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i2.1083
Refbacks
- There are currently no refbacks.