PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to find out wether there was an effet of Mastery Learbing Model on Student’ Mathematical Problem Solving Ability in Matrix Material at grade X Al Ma’shum Kisaran Academic Year 2018/2019. This type of research was a quasi-experimental pretest posttes group research design. The population in this study were all class X consisting of 7 classes. The research sample consisted of 2 classes (class X TKJ1 and X TKJ3 ) which were taken bycluster random. The X TKJ1 class as experimental group taught using the Mastery Learning model and the X TKJ3 class as control group with direct learning model. After learning was complete, the average grade of posstes of experimental group was 74,41 and the postest value of the control was 64,68. The t-test result obtained t hitung = 2,98 > t table = 1,66 then Ha was accepted thus the conclusion was there was the Effect of Mastery Learning Model on Student’s Mathematical Problem Solving Ability in Matrix Material at grade X of Al Ma’shum Kisaran 2018/2019.
Keywods : Mastery Learningm Matrix , Problem Solving Ability
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Matriks Kelas X SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttes Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X TKJ1 dan X TKJ3) yang diambil secara cluster random. Pada kelas X TKJ1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Mastery Learning dan pada kelas X TKJ3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Setelah Pembelajaran selesai diberikan diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,41 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 64,68. Hasil uji-t diperoleh thitung = 2,98 > ttabel = 1,66 maka Ha diterima dengan demikian diperoleh kesimpulan ada Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Matriks Kelas X SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran T.A 2018/2019.
Kata kunci: Mastery Learning, Matriks, Kemampuan Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Akmalia, N.N., Pujiastuti, H., dan Setiani, Y., (2016), Identifikasi terhadap Berfikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Tugas Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika 9 (2):183-193.
Agustyaningrum, N., (2015), Pengaruh Contextual Teaching and Learning dengan Kancing Gemerincing Terhadap Kepercayaan Diri dan Percaya Belajar Matematika. Jurnal Mathematics Paedagogic 6 (1):11-23.
Anisa, N.W., (2014), Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1(1):1-10.
Mabrurriyah, A., Rasyid, A.M., Wijianto, (2016) Pengaruh Model Mastery Learning Terhadap Penguasaan Kompetensi Dasat Mengaktualisasikan Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Secara Bebas Dan Bertanggung Jawab. Jurnal Pkn Progresif 11(1):281-297.
Mawaddah, S., Anisah, H., (2015), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):166-175.
Nadhifah, G., Afriansyah, A.E., (2016), Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan . Jurnal Pendidikan Matematika 5(1):33-44.
Rahayu, V.D., Afriansyah, A.E., (2015), Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 5(1)P;29-37.
Sukardi, (2003), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT BumiAksara.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i2.1038
Refbacks
- There are currently no refbacks.