Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Perilaku Positif Guru Pada Sekolah Sekolah Dasar Negeri 010246 Banjar Kecamatan Air Joman Kab Asahan Tahun Pelajaran 2017/2018

Syahrul S

Abstract


Penelitian ini bertujuan Meningkatkan prilaku positif guru dalam Mengefekifkan Pembelajaran melalui kepemimpinan Kepala sekolah di SD Negeri 010246 Banjar Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan 15 orang guru yang perlu ditingkatkan kemampuannya dalam mengefektifkan pengelolaan pembelajarannya. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila terdapat peningkatan kemampuan mengefektifkan pengelolaan pembelajaran.

  Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan Prilaku Positif Guru  dalam mengefektifkan pengelolaan pembelajaran pada siklus I hal ini ditandai dengan adanya kenaikan signifikan pada tiap siklusnya, yaitu Siklus I Sebesar 60% dan Siklus II Sebesar 80%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Implementasi Kepemimipinan Kepala Sekolah dapat Meningkatkan prilku positif Guru dalam Mengefekifkan Pembelajaran. Dengan demikian dapat disarankan kepada Kepala Sekolah atau peneliti yang lain bahwa melalui program Pembinaan Profesional guru dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan Prilku Positif Guru dalam Mengefekifkan Pembelajaran.

Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Meningkatkan Prilaku Positi guru


Full Text:

PDF

References


Akdon, M.Pd., Ir. Hadi, M.T Sahlan. (2005) .Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi. Bandung: Dewa Ruchi.

Asfandiyar. (2009). Kenapa Guru Harus Kreatif?. Bandung: Mizan.

Bambang Budi Wiyono. 2000. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Semangat Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas Jabatan di Sekolah Dasar. (abstrak) Ilmu Pendidikan: Jurnal Filsafat, Teori, dan Praktik Kependidikan. Universitas Negeri Malang.

David O. Sears, Jonathan L. Freedman, L. Anne Peplau. 1992. Psikologi Social. Jakarta: Erlangga.

Dr. Bafadal Ibrahim, M.Pd.. (2003). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Drs. M. Purwanto Ngalim, MP.. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Rosda.

Furqon. (2004). Statistika Terapan Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Kartono, Kartini. (1991). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Jakarta: Rajawali Press.

Khotimah Khusnul. Kreativitas Guru. [On Line]. Tersedia: http://www.digilib.unnes.ac.id [14 Januari 2010]

Leman Dr. Martin. (2000). Disiplin anak. Tersedia: http://www.ppi-india.org (28 Oktober 2010)

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prof. Dr. H. Suhardan Dadang, M.Pd.. (2010). Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.

Rahman (at all). 2006. Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint.

Robbins, Stephen.P. (2001). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi (Edisi Keempat). (Terjemahan: Halida & Dewi Sartika). Jakarta: Erlangga.

Robert S. Feldman. 1987. Understanding Psychology. New York: McGraww-Hill Co.

Saifuddin Azwar. 1988. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1996.

Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah telah ditetapkan melalui Permendinas No. 13 Tahun 2007 pada tanggal 17 April 2007.

Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kepandidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudrajat Akhmad. (2000). Kompetensi guru dan peran kepala sekolah 2, Tersedia:http://www.psb-psma.org/content/blog/peran-kepala-sekolah-dalam-meningkatkan-kompetensi-guru. (28 Oktober 2010)

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Tim Administrasi Pendidikan. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2073 Tentang Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wahjosumidjo. (1984). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organsasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.