AUTHOR GUIDELINE

 

1. Naskah harus memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia dan bahasa dan sastra Indonesia

2. Naskah bebas dari praktik plagiarisme dan belum pernah dipublikasikan serta tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain.

3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dan harus berkisar antara 4.000 hingga 6.000 kata.

4. Semua kiriman harus diproses kata dalam ukuran A4 (21 x 29,7 cm) Times News Roman, spasi tunggal. Margin kertas harus diatur 2,5 cm (kiri) dan 3 cm (atas, bawah, dan kanan).

5. Sebelum mengirimkan artikel melalui sistem online submission, penulis diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu kemudian mengikuti lima langkah pengiriman artikel.

6. Sistematika naskah terdiri dari: judul, nama penulis, afiliasi penulis, dan alamat afiliasi penulis, email penulis utama, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, metode, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Silahkan download template artikel.

7. Judul naskah harus menggunakan huruf kapital, di tengah, 12 pt, dan dicetak tebal. Judul yang ditulis dalam bahasa Indonesia tidak boleh lebih dari 12 kata.

8. Jika naskah ditulis oleh tim, semua nama harus disebutkan. Penulis yang namanya disebutkan hanya mereka yang memiliki kontribusi signifikan. Nama penulis harus diurutkan berdasarkan kontribusi mereka dalam menulis naskah. Redaksi hanya akan berkomunikasi dengan penulis utama yang namanya disebutkan terlebih dahulu.

9. Abstrak dan kata kunci harus ditulis dalam 80—100 kata, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris dengan satu spasi. Abstrak harus memuat judul penelitian, tujuan, metode, temuan, pembahasan, dan kesimpulan. Harus ada 3-5 kata kunci yang menjelaskan substansi naskah. Kata kunci tidak boleh menjadi bagian dari judul naskah.

10. Pendahuluan berisi tentang latar belakang penelitian, konteks penelitian, tinjauan pustaka utama yang mendasari penelitian, dan tujuan penelitian. Penulis sangat disarankan untuk merujuk pada artikel terbaru yang diterbitkan oleh jurnal terkemuka. Pendahuluan harus disajikan dalam paragraf. Pendahuluan harus 15-20% dari panjang naskah.

11. Metode penelitian berisi penjelasan tentang metode yang digunakan peneliti untuk menghasilkan temuan. Bagian ini harus menyajikan prosedur penelitian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti. Metode juga memuat pendekatan dan metode penelitian, sumber data/populasi dan sampel, teknik pengambilan sampel, instrumentasi dan metode pengumpulan data, serta teknik analisis data. Panjang bagian ini harus sekitar 10-15% dari total naskah.

12. Hasil penelitian dan pembahasan berisi interpretasi berdasarkan tujuan penelitian. Mendeskripsikan hasil penelitian sesuai dengan tujuan atau masalah penelitian. Temuan penelitian harus didiskusikan, diinterpretasikan, dan dibandingkan dengan teori dan temuan penelitian sebelumnya yang terkait. Diskusi harus menunjukkan kebaruan dan signifikansi temuan. Pembahasan merupakan bagian terpenting dari artikel sehingga penulis perlu memberikan penjelasan yang jelas dan lengkap. Panjang bagian ini harus sekitar 50—60% dari total naskah.

13. Kesimpulan berisi hasil penelitian dan rangkuman pembahasan. Kesimpulan disajikan dalam paragraf. Tulis temuan substansial secara ringkas. Memberikan rekomendasi bagi peneliti selanjutnya terkait tindak lanjut penelitian. Kesimpulan adalah 5-10% dari total panjang naskah.

14. Referensi harus mencakup publikasi terbaru (80% di antaranya tidak boleh bertanggal lebih dari 10 tahun). Sumber utama seperti artikel jurnal dan laporan penelitian termasuk tesis sarjana, tesis master, dan disertasi sangat disambut baik. Naskah yang diterbitkan di jurnal nasional dan internasional terakreditasi harus lebih diprioritaskan.

15. Penulisan kutipan, referensi, tabel, gambar, ilustrasi, statistik, dan daftar pustaka harus mengacu pada Manual Publikasi American Psychological Association (edisi ke-6) dan APA Style Guide to Electronic References dan menggunakan Mendeley. Naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia harus mengacu pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Istilah yang telah dibakukan.

16. Gunakan teknik rujukan terkurung (nama belakang, tahun) untuk menulis referensi. Kutipan dalam teks harus menyertakan nomor halaman dan sumber.

17. Penulis wajib memeriksa dan mengedit kesalahan penggunaan bahasa termasuk kosakata, struktur kalimat, huruf kapital, dan tanda baca sebelum diajukan. Penulis dapat merujuk pada artikel yang telah diterbitkan sebelumnya untuk menyesuaikan dengan gaya penulisan jurnal.