ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA CERPEN KETIKA MAS GAGAH PERGI

Khairun Nisa, Yen Aryni

Abstract


Kesantunan berbahasa merupakan hal yang penting diterapkan kepada anak sejak awal berbicara hingga dewasa. Kesantunan berbahasa dikalangan siswa, dewasa ini sangat memprihatinkan dikarenakan beberapa faktor yaitu: faktor keluarga, faktor lingkungan, pendidikan dan lain-lain. Pembelajaran di sekolah pun sudah menekankan nilai pendidikan karakter yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan faktor  tersebut maka perlulah dilakukan pemahaman dan penanaman konsep kesantunan berbahasa dan nilai pendidikan karakter bagi siswa untuk lebih memperhatikan kesantunannya dan membangun karakter yang baik saat berbicara dan bergaul dengan teman sejawat maupun orang dewasa. Dengan memperkenalkan cerpen tersebut kepada siswamaupun masyarakat luas diharapkan semua kalangan dapat mengambil dan mengaplikasikan sisi baik yang terdapat pada cerpen tersebut pada kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan pertama, prinsip kesantunan berbahasa dalam cerpen antara lain: maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatisan. Kedua, nilai pendidikan karakter yang ditemukan yaitu, religius, jujur, disiplin, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, dan gemar membaca.

Full Text:

XML

References


Kesantunan berbahasa merupakan hal yang penting diterapkan kepada anak sejak awal berbicara hingga dewasa. Kesantunan berbahasa dikalangan siswa, dewasa ini sangat memprihatinkan dikarenakan beberapa faktor yaitu: faktor keluarga, faktor lingkungan, pendidikan dan lain-lain. Pembelajaran di sekolah pun sudah menekankan nilai pendidikan karakter yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan faktor tersebut maka perlulah dilakukan pemahaman dan penanaman konsep kesantunan berbahasa dan nilai pendidikan karakter bagi siswa untuk lebih memperhatikan kesantunannya dan membangun karakter yang baik saat berbicara dan bergaul dengan teman sejawat maupun orang dewasa. Dengan memperkenalkan cerpen tersebut kepada siswamaupun masyarakat luas diharapkan semua kalangan dapat mengambil dan mengaplikasikan sisi baik yang terdapat pada cerpen tersebut pada kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan pertama, prinsip kesantunan berbahasa dalam cerpen antara lain: maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatisan. Kedua, nilai pendidikan karakter yang ditemukan yaitu, religius, jujur, disiplin, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, dan gemar membaca.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v7i1.788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License