PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara tahun pembelajaran 2015-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala yang berjumlah 120 siswa. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas X ADM yang bertujuan 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrument tes kemampuan menulis wacana argumentasi. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pretes dan postes. Setelah masing-masing sampel mengikuti pretes maka diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif kemudian diberi tes lagi (postes) kemudian harga skor dibandingkan satu sama lain. Analisis perbandingan menggunakan uji “t”. Berdasarkan teknik analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil pretes yaitu sebelum diterapkan perlakuan pembelajaran kooperatif memiliki rata-rata nilai adalah 63,3 yang masih rendah. Selanjutnya hasil postes siswa yang telah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif mendapat perolehan nilai rata-rata sebesar 79,2 yang tinggi. Hal ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala tahun pembelajaran 2015-2016.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Proses penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi 2010. Jakarta Rineka Cipta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep. Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Media Group.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v7i1.787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supervisied-by:
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License