THE EFFECT OF CONTEXT THROUGH APPLICATION OF COOPERATION PRINCIPLES IN CONVERSATION OF STUDENTS’ KINDERGARTEN OF EKASAKTI: PRAGMATIC ANALYSIS
Abstract
Abstrak:Banyak siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti yang belum mampu menerapkan prinsip kerja sama dan konteks bahasa yang tepat dalam suatu komunikasi. Akibatnya, tujuan komunikasi tidak tercapai. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan pengaruh konteks yang diterapkan oleh siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan dilanjutkan dengan teknik rekam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti dapat menerapkan maksimal kualitas, kuantitas, relevansi, dan cara. Siswa juga melanggar beberapa maksim, yaitu maksim relevansi dan kualitas; dan (2) peran konteks yang membentuk penerapan prinsip kerja sama siswa adalah konteks langsung, termasuk setting, peserta, dan fungsi tindak tutur. Penerapan prinsip kerja sama dan peran konteks bahasa yang tepat, dapat membentuk komunikasi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, komunikasi siswa dapat terjalin dengan baik sehingga tujuan komunikasi dapat tercapai.
Full Text:
PDFReferences
Chaer, Abdul dan Agustina Leoni. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rieneka Cipta.
Herlinda, Hendri. 2012. Tindak Tutur Direktif Anak Usia Pra-operasional Umur 5—6 Tahun. Tesis. Padang: Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.
Miles, Mattew B dan Huberman, Michael A. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, Lexi J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Rahardi, R. Kunjana. 2008. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Sari, Ni Wayan Eminda. 2013. Pelaksanaan Prinsip Kerja sama dalam Percakapan Guru dan Siswa serta Dampaknya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMAN I Kediri. Jurnal Santiaji Pendidikan, Volume 3, Nomor 2, Juli 2013. ISSN 2087-9016 Denpasar: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Mahasaraswati. Online. Diakses 20 November 2017.
Subroto, D. Edi. 2007. Pengantar Metode Penelitian Struktural. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Suyitno.2014. Kajian Novel dalam Spektroskop Feminisme dan NIlai Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syahrul. R. 2008. Pragmatik Kesantunan Berbahasa: Menyibak Fenomena Berbahasa Indonesia Guru dan Siswa. Padang: UNP Press.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v7i1.765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: