PENGARUH MEDIA KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT

Suwarni Suwarni

Abstract


Kemampuan menulis merupakan yang penting dalam kehidupan, baik dalam kehidupan pendidikan maupun masyarakat. Tujuan dilaksanakan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Yapenas Petatal tahun ajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini berjumlah 70 siswa dengan total populasi sebanyak 111 siswa terdiri dari 3 kelas yang ada pada kelas X SMA Yapenas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen yaitu Two Group Post-TestDesign. Pada kelas kontrol terdapat tiga kategori, yaitu Baik sebanyak 21 siswa atau 58,3%, Cukup sebanyak 15 siswaatau 41,67% dengan nilai rata-rata 69,58. Pada kelas eksperimen terdapat 3 kategori, yaitu Sangat Baik sebanyak 10 siswa atau 29,41%, Baik sebanyak 20 siswa atau 58,82%, Cukup sebanyak 4 siswa atau 11,76% dengan nilai rata-rata 77,9. Nilai t pada taraf 5% maupun 1% dengan dk = 68. diperoleh taraf signifikasi 5% = 1,67 dan taraf signifikan 1%=2,38 karena thitung (to) lebih besar dari ttabel (t1), yakni taraf signifikasi 5% (19,34 > 1,67), maupun taraf signifikan 1% (19,34 > 2,38), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Yapenas Petatal tahun ajaran 2017/2018.


Full Text:

PDF

References


Agustahnia, Maya. 2015. Kemampuan Menulis TeksAnekdot Siswa Kelas X.I Madrasah Aliyah Negeri Bintan. Tanjung Pinang: Jurnal Universitas MaritimRaja Ali Haji.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________________. 2010. Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajara. Jakarta: Rajawali Pers.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan StrategiPembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya.

Djamarah, Bahri dan Zain, Aswin. 2010. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Luiza, Refa., Umar, Syahwani dan Usman, Andi. 2013. Pengembangan Media Karikatur Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Keterampilan Menulis Argumentasi. Pontianak:Jurnal FKIP Untan.

Muhtiah, Hani. 2012. Penerapan Media Teks Dongengdalam Pembelajaran Menganalisis Teks Anekdot Baik Melalui Lisan Maupun Tulisan. Bandung:Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan.

Rachmawati, Elin Nur. 2014. Peningkatan KeterampilanMenulis Anekdot Menggunakan Strategi Genius Learning untuk Siswa Kelas X Kendaraan Ringan (Kr) 3 SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Kencana.

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan.Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana &, Rivai, Ahmad. 2013. MediaPengajaran, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Sadiman, Arif S. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT.Rajafindo Persada

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad. 1982. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajar.Bandung: Tarsito.

Susilana, Rudi. 2009. Media Pembelajaran. Bandung:Wacana Prima.

Syarif, Elina., Zulkarnaini, dan Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, Henry Guntur. 2012. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Kelima). Aplikasi Software. BadanPengembangan dan Pembinaan Bahasa, KementrianPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wachidah, Siti. 2004. Pembelajaran Teks Anekdot. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. https://arthamauli.weebly.com/blog/teks-anekdot-presiden-dan-burung-beo (diakses pada Tanggal 05 Januari 2018)




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License