PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis unsur-unsur intrinsik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 171 siswa. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X IPA-2 dan kelas X IPA-5) yang diambil secara random sampling. Pada kelas X IPA-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Numbered Heads Together dan pada kelas X IPA-5 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh post-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen = 86,71, standar deviasi = 4,61, standar error = 0,79, maka diperoleh nilai tertinggi = 95, dan nilai terendah = 80 dan rata-rata kelas kontrol = 64,39, standar deviasi = 7,49, standar error = 1,32, maka diperoleh nilai tertinggi = 75, dan nilai terendah = 40. Selanjutnya uji normalitas diperoleh dari kedua data tersebut t0 sebesar 15,39, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% =2,00 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 15,39 > 2,00 pada taraf signifikan 1% = 2,65, t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 15,39 > 2,65 maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya pengaruh terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik pada cerpen “Pertemuan Senja” karangan Jauza menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Istarani. 2011. 58 Model pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kurniasih, I dan B, Sani.2016.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Medan: Kata Pena.
Kosasih, E. 2006.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Kosasih, E. 2017.Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E dan I, Hendriyani.2016.Cerdas Berbahasa danBersastra Indonesia. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Mursini.2011. Pembelajaran Apresiasi Prosa Fiksi dan Puisi Anak-anak. Medan: Unimed.
Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Purba, A. 2012.Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, A. 2014.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
Suginono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suherli. 2017. Bahasa Indonesia. Surakarta: Nyata Grafika Media Surakarta (Jawa Pos Group).
Tukan, P. 2006. Mahir Berbahasa Indonesia 2. Jakarta: Yudhistira.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: