PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASI

Sri Rodearni, Nila Sudarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menulis karangan persuasi siswa dengan pengaruh model pembelajaran Cycle Learning. Sampel Penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-5 yaang berjumlah dengan jumlah 68 orang siswa pada tiap kelas dari jumlah populasi sebanyak 102 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cycle Learning. Dari pengelolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata = 84,1 standar deviasi 4,92. Hasil posttest dengan rata-rata 68,2 standar deviasi 18,84. Dari uji data pretest dan posttest di dapat keduanya hasil distribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapat t0 sebesar 7,8 setelah t0 diperoleh. Selanjutnya dikonsultasikan dengan dk = (N1+N2) – 2 = (34+34) – 2 = 66, maka diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 2,00< 5,3> 2,65, maka hipotesis nihil (H0) dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Cycle Learning terhadap kemampuan menulis karangan persuasi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahrum. 2013. Macam-macam Karangan Persuasi. Bandung: Penerbit Angkasa.

Finoza, L. 2008. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende.Yrama Media.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Handayani, Seni, dkk. 2011. Buku Panduan Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kosasih. E. 2004. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesustraan. Bandung: Yrama Widya.

Mafhrukhi, dkk. 2006. Kompetensi Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Marwoto. 1995. Memahami Bahasa Dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Bandung: Armico.

Piaget, 1988.Cooperative Lerning. Boston: Allyn and Bacon.

Perwandarminta, K. 2007. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sohimin, Aris. 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2014. Yoyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta: Kencana.

Widyamartaya, A. 1992. Seni Menuangkan Gagasan. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Karnisius.

Zul.2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. Utama.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License