PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PEMAHAMAN CERITA RAKYAT

Sri Rahayu, Heni Subagiharti

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman cerita rakyat”Legenda Danau Toba” pada siswa kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian the randomized posttest only experiment and control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 220 siswa. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X TKJ 5 dan X TKJ 6) yang diambil secara cluster random. Pada kelas X TKJ 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode bermain peran (role playing)dan pada kelas X TKJ 6 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperolehnilai dengan hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dan kelas kontrol 72,5. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, dk = 58 yaitu 6,69 > 2,00 dan pada taraf signifikan 1%, dk = 58 yaitu 6,69 > 2,65. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman cerita rakyat ”Legenda Danau Toba” pada siswa kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hutomo, S. 2009. Pengantar Studi Sastra Lisan. Surabaya: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniasih, I, dan Sani, B. 2016. RagamPengembangan Model Pembelajaran. Jogjakarta: Kata Pena.

Priadi, A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rahmisyah. 2017. Cerita Dari Simalungun Sumatra Utara. Jakarta: Bintang Indonesia.

Sudjana. 2005. Metoda Penelitian. Bandung: Tarsito

Sudijono, A. 2005.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suherli. 2016. Bahasa Indonesia/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum Pembelajaran. Yogyakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License