HUBUNGAN PENGUASAAN DIKSI DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWA KELAS X
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan penguasaan diksi dengan keterampilan berbicara di depan kelas pada siswa kelas X MAS Al-Washliyah Siajam Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan desain variabel X, variabel Y dan O hubungan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian seluruh jumlah populasi yaitu 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis dan unjuk kerja. Setelah melaksanakan penelitian hubungan penguasaan diksi dengan keterampilan berbicara di depan kelas pada siswa kelas X MAS Al-washliyah Siajam Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara Tahun Ajaran 2017/2018. Diperoleh hasil nilai rata-rata (mean) penguasaan diksi= 71,5 dan nilai rata-rata keterampilan berbicara di depan kelas= 72,8. Diperoleh rxy= 0,88 apabila dibandingkan dengan kritik rtabel= 0,463 pada taraf signifikan 90% ternyata mempunyai hubungan yang tinggi, harga rxy lebih besar dari rtabel. Hasil perhitungan ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Artinya hipotesis alternatif yaitu ada hubungan penguasaan diksi dengan keterampilan berbicara di depan kelas siswa kelas X MAS Al- Washliayah Siajam Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara Tahun Ajaran 2017/2018, maka Ha yang telah dirumuskan dapat diterima kebenarannya. Hal ini diketahui dari rtabel pada taraf signifikan α 0,90 (90%) dengan N 30 sebesar 0,463 rhitung>rtabel.
Full Text:
PDFReferences
Barus, Sanggup. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia. Medan: Unimed Press.
Cahyani. 2007. Tes Keterampilan Berbicara. Jakarta: Bumi Aksara.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati, Rini. 2011. Pengaruh Percaya Diri dan Penguasaan Diksi Terhadap Kelancaran Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sulang. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Ikrar Mandiriabadi.King, Larry. 2005. Seni Berbicara. Jakarta: Gramedia.
Larasati. 2004. Peningkatan Kemampuan Bebicara dengan Teknik Debat pada Siswa Kelas X IPS 4 SMK N 8.Semarang.
Mukhid. 2002. Optimalisasi Metode diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa kelas 2 MA Hasyim As’ari Kalipucang Wetan, Welahan. Jepara.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Retorika Modren. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Santoso, Didik. 2008. Pengaruh Pendekatan pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Medan: Duta Azhar.
Suharsimi, Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2006. Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Shihabuddin. 2007. Tes Keterampilan Berbica. Jakarta: Grasindo.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: