PENGARUH MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI “GADIS PEMINTA-MINTA” KARYA TOTO SUDARTO BACHTIAR

Setia Wati, Khairun Nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan mengapresiasi puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto Sudarto Bachtiar pada siswa kelas x SMK Negeri 1 Air Joman tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yakni metode yang sistematis, logis dan objektif. Populasi penelitian berjumlah 216 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan mengapresiasi puisi “Gadis Peminta- minta” tanpa menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada kelas kontrol nilai tertinggi adalah 94 dan nilai terendah adalah 62. Sedangkan kemampuan mengapresiasi puisi “Gadis Peminta-minta” dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 69. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji t dan diperoleh hasil thitung (to) lebih besar dari ttabel (tt), yaitu taraf signifikasi 5% ( 2,80 > 2,00 ) maupun taraf signifikasi 1% ( 2,80 > 2,65 ), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada terdapat pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan mengapresiasi puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto Sudarto Bachtiar pada siswa kelas x SMK Negeri 1 Air Joman tahun ajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif.Medan: Media Persada.

Pratiwi, Nisrina. 2011. Mengenal Puisi Lebih Dekat. Jakarta:Multazam Mulia Utama.

Rizal, Yose. 2010. Apresiasi Puisi dan Sastra Indonesia. Jakarta: As Agency.

Rochmansyah, Alfian. 2013. Sastra dan Teori Kajiannya. Yogyakarta: Indie Book Corner.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabet.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Warsidi, Edi. 2009. Pengetahuan Tentang Puisi. Bandung: Sarana Ilmu Pustaka.

Gumira.http://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/art icle/view/497. (diunduh pada 11 Desember 2017, pukul 22:47)

Khairina.http://www.jurnal.umnaw.ac.id/index.php/J PBS/article/download/41/28. (diunduh pada 23 Desember 2017, pukul 21:19)

Mu’awanah, Naelatul, dkk. 2015. Penggunaan Model Kooeratif Tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jlegiwinangun Tahun Ajaran 2015-2016. FKIP Universitas Sebelas Maret.Surakarta. Vol 4, No 5.1. pp.2-3. (diunduh pada 15 Maret 2017, pukul 21:37)

Nurmala, Asih Fatma, dkk. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Peningkatan Pembelajaran Bhasa Indonesia Tentang Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Selang Tahun Ajaran 2013/2014. FKIP UNS. Surakarta. Vol 5, No 5. Pp 1-4 (diunduh pada 15 Maret 2017, pukul19:30)

Priambodo, Dimas Avix, dkk. 2013. Penigkatan Kemampuan Apresiasi Puisi Bebas dengan Model Pembelajaran Tipe CIRC. FKIP Universitas Sebelas Maret.Surakarta.pp1-5. (diunduh pada 15 Maret 2017, pukul 20:46).

Setyaningsih.https://eprints.uns.ac.id/2576/1/134570 808201009051.pdf.(diunduh pada 10 Desember 2017, pukul 21:47)




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License