Pemerolehan bahasa anak usia 2–3 tahun ditinjau dari aspek fonologi

Enjelika Sijabat, Dairi Sapta Rindu Simanjuntak, Maya Manullang, Bastanta Parangin-angin, Lestari Tamba, Elsi Ginting, Rosa Mungkur

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melihat bagaimana pemerolehan bahasa dari kajian fonologi atau pengucapan bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh beberapa anak yang berusia 2-3 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data utama penelitian ini dari percakapan 10 sampel vlog channel youtube. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten, sementara data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan menonton video percakapan sederhana dan mengamati, sedangkan dokumentasi melibatkan unduhan rekaman video dan pembuatan transkripsi dialog. Manfaat artikel ini adalah untuk mengetahui dan mengkategorikan jenis bunyi vokal dan konsonan yang diucap oleh anak usia dua sampai dengan tiga tahun ditinjau dari studi kasus youtube. Hasil data yang diperoleh tidak terdapatnya pergeseran fonem. 


References


Andriyana, A., & Iswatiningsih, D. (2022). Kesalahan fonologi mahasiswa Vietnam tingkat BIPA 1 dalam pelafalan fonem bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(2), 119–124.

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43–54.

Daud, R. F. (2021). Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 252–269.

Fitriyanti, A., & Putri, A. L. (2022). Sikap Positif Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 3(4), 35–40.

Gotama, P. A. P. (2023). Peranan Lingkungan Formal Dan Informal Dalam Pemerolehan Bahasa Kedua. Lampuhyang, 14(1), 49–63.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan metode kualitatif deskriptif untuk aplikasi pengolahan data pelanggan pada car wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1).

Hasanah, R., & Utami, W. S. (2023). Perkembangan Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2-3 Tahun (Kajian Psikolinguistik). MANTRA: Jurnal Sastra Indonesia (Sastra, Bahasa, Budaya), 1(2), 11–22.

Hazimah, A., Reviel, D., Aprilia, L., & Yuhdi, A. (2024). Informasi di Balik Pemerolehan Bahasa Anak: Sebuah Tinjauan Mendalam. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 2245–2260.

Humairah, F. R., & Alfi, F. R. (2023). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun Studi Kasus pada Aisyah Hanum Syahidah. Sajak: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 2(3), 132–140.

Ihsan, R. F., & Siagian, I. (2023). Pengaruh Fonologi Pada Kajian Fonetik Dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 621–635.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.

Murtaja, I., Patriantoro, P., & Jupitasari, M. (2023). Pemerolehan bahasa melayu dialek sambas pada anak usia 2─ 3 tahun aspek fonologi (kajian psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 12(9), 2440–2450.

Sakrim, S. (2020). Plagiasi Jurnal Distribusi, Pelepasan, dan Perubahan Fonem [R] Dalam Komunikasi Anak Usia 3 Tahun. Stilistika, 13(2), 234–242.

Ulman, S., Priyanto, A., & Mustika, I. (2021). Pemerolehan bahasa pada anak usia 2 tahun dilihat dari aspek fonologi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 55–66.

Utami, R., & Rizal, M. (2022). Bahasa dalam konteks sosial (Peristiwa tutur dan tindak tutur). JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 1(1), 16–25.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i2.4471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License