Pengembangan media ajar teks prosedur berbantuan infografis Canva di Kelas VII SMP Swasta Amalia Medan

Titin Mariani, M. Surip, Elly Prihasti Wuriyani, Syairal Fahmy Dalimunthe

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pengembangan media ajar berbantuan infografis canva terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari empat tahapan. Namun dalam penelitian ini hanya membahas empat tahapan saja, yaitu Analysis, Design, Development dan Implementation. Analisis data berupa deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa data primer yang diperoleh dari hasil observasi non-partisipan dan wawancara yang terarah. Kemudian data dianalisis melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru sejawat dan siswa kelas VII SMP Swasta Amalia Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media ajar infografis canva memudahkan siswa dalam memahami materi ajar teks prosedur, 2) media infografis canva dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa karena lebih menyenangkan dalam proses pembelajaran. 3) media infografis canva memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi ajar teks prosedur dengan lebih menarik.

References


Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika guru dalam menerapkan media pada pembelajaran kelas rendah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014.

Alpiansyah, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas Xi Smk Yadika Bandar Lampung. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1–16.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Hafiz, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Kitabah di SMP IT Brilliant Batusangkar Kelas 7. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 90–105.

Harsono, B., Hendi, H., Nazara, E. P., Tryany, J., Natalia, S. C., Selvia, S., & Frederica, V. (2022).. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 499–505.

Ikhsan, M. A., Septyanti, E., & Zulhafizh, Z. (2022). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. JURNAL TUAH: Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 4(1), 13–18.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran canva dalam meningkatkan kompetensi guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 10851092.

Pohan, P. S. (2020). Infografis Sebagai Bentuk Pengemasan Berita Era Jurnalisme Online (Analisis Infografis Tirto. Id). Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Rahayu, M. S. (2023). Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis aplikasi canva dalam bentuk poster di kelas x SMA Negeri 2 Simpang Hilir. IKIP PGRI PONTIANAK.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Salim, A., Afdal, A., Deprizon, D., Fitri, A., & Wismanto, W. (2023). Peran Manejemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan di Era Disrupsi. Journal of Education Research, 4(3), 1290–1297.

Soleh, D. (2021). Penggunaan model pembelajaran project based learning melalui google classroom dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143.

Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi industri 4.0 dan society 5.0 terhadap pendidikan di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184.

Tia, E. D. A., Choir, J. A., Nasrulloh, N., & Busri, H. (2023). Pengembangan Media Infografis untuk Pembelajaran Teks Cerita Pendek. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(2), 253–260.

Wardana, M. A. W., Rizqina, A. A., Salsabilah, A. N., Handayani, D. A. P., Dewi, S. M., & Ulya, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dengan Model Microblogging sebagai Pembelajaran Teks Prosedur Tingkat SMP. Lingua Franca, 1(1), 53–66.

Wulandari, A. (2020). Pengaruh Instruktur Pelatihan, Peserta Pelatihan, Materi Pelatihan, Metode Pelatihan Dan Tujuan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(1), 40–53.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i2.4377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License