Strategi kesantunan berbahasa dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata

Eva Fitrianti, Novi Fitriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi kesantunan berbahasa dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya berupa novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data adalah teknik analisis dokumen dan isi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teori. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Strategi kesantunan dalam novel Guru Aini karya Andrea merupakan strategi kesantunan berbahasa langsung dan tidak langsung. Realisasi kesantunan berbahasa diwujudkan dalam bentuk maksim kebijaksanaan, maksim kemurahan hati, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim simpati, dan maksim persetujuan. Strategi dan bentuk kesantunan berbahasa diharapkan dapat diwujudkan dalam suatu komunikasi sehingga komunikasi dapat tercapai dan saling menguntungkan, tanpa menimbulkan konflik antarpeserta tutur, meningkatkan citra diri, dan menumbuhkan kepekaan sosial yang tinggi.

References


Fitrianti, E. dan Husna L. (2021). Mengembangkan Higher Order Thinking Skill (Hots) Mahasiswa Dalam Pembelajaran Sastra Berbantuan Media Sosial. Universitas Ekasakti. Ekasakti Educational Journal, 1(1), Januari 2024.

Ghyasi, M & Hamid S. (2020). Social Class as a Predictor of Pragmatic Competence: An Investigation of L1 and L2 Politeness Strategies Use in Light of Social Class Factors. Mofid University of Qom, Iran. Language Teaching Research Quarterly, Vol. 14, 35-42.

Hirata, A. (2020). Guru Aini. Yogyakarta: Bentang.

Khakzad, Esfahlan, F., & Boroumand, M. (2020.) Gender and socioeconomic status: A pragmatic analysis of politeness strategies used by Iranian EFL students in Persian and English requests. Journal of Language and Linguistic Studies, 16(4), 1803-1820. Diakses 24 Desember 2023.

Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Megaiab, M, I Dewa P. W, Aris M. (2019). Politeness trategies of Request Used between Libyan Students and their Lecturers Using English as a Foreign Language. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), ISSN: 2617-0299, www.ijllt.org. Volume: 2, Issue: 4, DOI: 10.32996/ijllt.2019.2.4.20.

Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nadar, F.X. (2013). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, R. K. (2019). Konteks Intralinguistik dan Konteks Ekstralinguistik. Yogyakarta: Amara Books.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Skrinda, A. (2020). A Commentary on Teaching (Im)Politeness in the SecondLanguage Classroom. MEXTESOL Journal, Vol. 44, No. 3, 2020, diakses 24 November 2023.

Syahrul. R. (2008). Pragmatik Kesantunan Berbahasa: Menyibak Fenomena Berbahasa Indonesia Guru dan Siswa. Padang: UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i1.4177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License