Fenomena penamaan kuliner dengan teknik akronim gaul

Novi Ari Rahmawati Wahyudi, Dewi Kusumaningsih

Abstract


Fenomena kuliner yang melesat tidak hanya berpengaruh pada rasa namun juga berpengaruh pada nama kuliner itu sendiri. Nama yang unik ikut menjadi daya tarik tersendiri di masyarakat. Nama unik tersebut merupakan akronim. Akronim adalah singkatan kata dengan menggabungksn huruf awal, suku kata, ataupun gabungan huruf kata dari himpunan kata yang digunakan sebagai kata. Penamaan yang muncul pada menu kuliner dengan nama- nama berupa akronim ini dimanfaatkan pedagang agar pengucapannya mudah sehingga pelangan atau konsumen mampu mengingatnya. Akronim terbentuk karena mengalami proses- proses, yang diklasifikasikan. Hasil penelitian ini dimaksud untuk menggali lebih dalam terkait pembentukan akronim pada nama kuliner dan makna konteks yang diharapkan oleh penjual. Dimana ditemukan 20 data nama kuliner, dari nama tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam 7 proses pembentukan akronim. Bentuk tampilan nama kuliner yang berbeda pada umumnya itu diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

References


Aprianto, A. (2016). Abreviasi Bahasa Indonesia Dalam Harian Rakyat Kalbar.

Asep Nurwanda, E. B. (2020). Analisis Program Inovasi Desa Dalam Mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal Oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (PID) Di Desa Bangunharja Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 68–75. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/download/3313/pdf

Astuti, N. (2014). Singkatan dan Akronim Di Kalangan Remaja Di Kota Bandung. Bahtera Sastra: Antologi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 1–10.

Beldi, L. (2016). Pembentukan Singkatan Dan Akronim Dalam Forum Kaskus. Pembentukan Singkatan Dan Akronim Dalam Forum Kaskus.

Darsita, suparno. (2013). Morfologi Bahasa Indonesia. 1–108. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33994/1/BUKU Morfologi Bahasa Indonesia 4 Desember 2014.pdf

Deliani, S., Harahap, M. H., & Parapat, L. H. (2022). Akronim Kuliner dalam Bahasa Indonesia. http://creativecommons.org/license/by/4.0/

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Penggunaan Akronim Pada Poster Pasangan Calon Kepala Daerah Di Indonesia Di Google.

Fitriah, L., Indah, A. P., Iswatiningsih, D., Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, P., Raya Tlogomas No, J., Lowokwaru, K., & Malang Surel, K. (n.d.). Kajian Etnolinguistik Leksikon Bahasa Remaja Milenial Di Sosial Media.

Gligorijevic, N., Robajac, D., & Nedic, O. (2019). Analisis Frass Pada Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu. 84(10), 1511–1518. https://doi.org/10.1134/s0320972519100129

Herisetyanti, T., Suharyati, H., & Rejeki, S. (2019). Ragam Bahasa Dalam Komponen Tutur. https://www.semanticscholar.org/paper/RAGAM-BAHASA-DALAM-KOMPONEN-TUTUR-Herisetyanti-Suharyati/e37aa133c3c0a7d83fea9a37266480373c80dca6

Kuswaya, A. (2021). Abreviasi dalam produk makanan. Jurnal Diksatrasia, 5, 171–179. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6545

Lestari, M. A., Puspitoningrum, E., & Sujarwoko, S. (2022). Penggunaan Bahasa Gaul di Media Sosial Instagram dan Tiktok dalam Tataran Morfologi. 293–300. http://repository.unpkediri.ac.id/4792/

Listiyorini, A., Yogyakarta, U. N., & Yogyakarta, U. N. (2019). Registrasi Kuliner Dalam Caption Akun @ VOILAJOGJA Di. 8(4), 66–71.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mulyati, D. H. Y., & Pd, M. (n.d.). Menyoroti Abreviasi: Singkatan dan Akronim.

Nitisuari, N., & Wardono, P. (2014). Museum sejarah kuliner tradisional Indonesia. Jurnal Tingkat Sarjanabidang Senirupa Dan Desain, 1, 1–7. https://media.neliti.com/media/publications/244123-none-5ca24a73.pdf

Ratnawati, D., & Vivianti, V. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik aplikasi teknologi informasi. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), 110–119. https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.34835

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sudarmaningtyas, A. E. R. (2006). Penggunaan Akronim dan Singkatan pada Acara Selebriti di Televisi. Jurnal UNEJ, 7(1), 90–101. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/article/download/6956/5053/%0A%0A

Susdamita, Ar, H. F., & Jalil, A. (2015). Akronim Dalam Indonesia Lawak Klub ( Ilk ). Jurnal Bahas, 10, 217–224.

Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, VIII(2), 47–54.

Winarsih. (2017). Kajian Bentuk-Bentuk Akronim Bahasa Indonesia Dan Kajian Fonotaktiknya Dalam Berita Liputan Khusus Pemilu 2009 Pada Surat Kabar Solopos. 87(1,2), 149–200.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i1.4004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License