Penggunaan fitur emoticon dalam bahasa komunikasi digital: Problematika isi dan makna
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi pola komunikasi masyarakat secara tidak langsung ikut terpengaruhi. Komunikasi yang awalnya dilakukan secara langsung menjadi lebih mudah dengan adanya komunikasi digital meskipun terpisah oleh jarak. Namun, komunikasi ini memiliki keterbatasan dalam penyampaiannya karena tidak menyertakan ekspresi ataupun emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan yang mendorong penggunaan fitur emoticon dan pentingnya fitur tersebut dalam komunikasi digital di WhatsApp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui teknik simak, catat dan dokumentasi. Teknik dokumentasi dengan mengumpulkan screenshoot kegiatan chatting dalam komunikasi digital di WhatssApp dan analisis sumber data. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa penggunaan fitur emoticon dalam media sosial WhatssApp mempunyai tujuan yang beragam dan memberikan makna tersendiri karena dapat mempertegas isi pesan dengan adanya ekspresi atapun emosi dari penggunaan emoticon.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afi, W., Putri Setianingrum, A., Respati Adjie, B., Glorino Rumambo Pandin, M., Ilmu Budaya, F., Airlangga, U., Dalam Selatan, D., & Timur, J. (2020). Urgensi dan peran aplikasi emoji dan ejaan kerdasarkan PUEBI dalam Komunikasi digital untuk meminimalisir kesalahpahaman di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga. 1–19.
Azzahra, S. A., & Wibowo, A. (2020). Analisis sentimen multi-aspek berbasis konversi ikon emosi dengan algoritme naïve bayes untuk ulasan wisata kuliner pada web tripadvisor. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 737–743. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020731907
Bagaskara, R. S., Nur, F., & Putri, F. (2023). Efek penggunaan emoji terhadap kesan hangat dan kompeten dalam komunikasi virtual mahasiswa the effect of using emoji on warm impression and competence on student virtual communication. 15(2), 134–143.
Bakhtiar, A., Rinata, B., Sukamto, K., Hidayat, S., & Pramono, S. (2022). Efektivitas penggunaan emoji dalam komunikasi digital. Universitas Negeri Surabaya 2022 |, 1, 620–632.
Groot, K. de. (2018). Analisis semiotika terhadap penggunaan emoticon whatsapp dalam komunikasi interpersonal antar mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2013. World Development, 1(1), 1–16.
Joko Sunaryo, Abu Bakar, Widya Pratiwi, Ariyanto.M, Nanang Alhidayat, H. (2022). Penggunaan emoticon pada media whatsapp di koplek BTN sakura residence Kabupaten Bungo. 1(3), 447–452. www.aging-us.com
Kusmiyanto, I. M. (2022). Penggunaan emoji whatsapp dalam komunikasi interpersonal ibu-ibu di Perumahan Gading Karya Surabaya.
Mariyam, S. (2021a). Motif penggunaan fitur emoticon di media sosial whatsapp: studi terhadap mahasiswa program studi komunikasi dan penyiaran islam IAIN Madura. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 13(2), 88–96. https://doi.org/10.34001/an-nida.v13i2.2373
Mariyam, S. (2021b). Motif penggunaan fitur emoticon di media sosial WhatsApp: studi terhadap Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Madura Siti Mariyam. 13(2), 88–96.
Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Analisis semiotika terhadap penggunaan emoticon whatsapp dalam komunikasi interpersonal antar mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2013. 1–16.
Najib, M. (2014). Pemaknaan sticker emoticon line messenger sebagai media komunikasi interpersonal mahasiswa fisipol Universitas Mulawarman. EJournal Ilmu Komunikasi, 2(3), 421–430.
Roosyidah, T. K., & Febriana, P. (2022). Analisis stiker whatsapp sebagai simbol dalam komunikasi dikalangan manula (whatsapp grup keluarga besar Asrama Polisi Nelayan (Arnel). Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 181–190. https://doi.org/10.33822/jep.v5i2.4332
Saifudin, M. F., & Amurdawati, G. (2019). Kajian etnolinguistik : eksistensi bahasa daerah dalam pembelajaran di sekolah dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn), 1(1), 339–345.
Sakti, G. G., Abdullah, M. Z., & Sumule, M. (2017). Makna emotikon dalam komunikasi antar pribadi pengguna media sosial line. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 2(1).
Sobang, R. R., Werdiningsih, E., & Efendiy, K. (2020). Pengunaan emoticon whatsapp bagi mahasiswa Sumba Tengah di Universitas Wisnuwardhana Malang. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 79–89.
Tri Ayu Wibisono, A., Gusti Agung Alit Suryawati, I., Dewa Ayu Sugiarica Joni, I., & Damasemil, C. (2023). Pengaruh penggunaan emoji WhatsApp terhadap kepuasan remaja Kota Denpasar dalam menyampaikan Pesan. Jurrnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 3(2), 1–11.
Yustisiana, R. (2016). Fenomena penggunaan emoticon pada facebook dan blackberry messenger sebagai alternatif komunikasi non-verbal. SAINTEK, 13(2), 63–69.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i1.3973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: