NILAI MORAL DAN BUDAYA DALAM FILM SEMESTA KARYA CORY MICHAEL ROGERS

Regatta Yudistira, Lisa Septia Dewi Br. Gingting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dan nilai-nilai budaya dan impelemntasinya terhadap pelajaran bahasa Indonesia yang terdapat dalam film Semesta Karya Cory Michael Rogers. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah film Semesta Karya Cory Michael Rogers. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik menonton dan catat. Hasil penelitian menunjukkan sebaga inilai moral manusia dengan tuhan, nilai moral dengan diri sendiri, dan nilai moral dengan orang lain yang terdapat di setiap tempat yang di tampilkan dalam film ini. Terdapat nilai budaya didalam film Semesta dan implementasinya terhadap pelajaran bahasa Indonesia.

 


References


Farhana, A. N. U. (2021). Analisis semiotika representasi gerakan sadar lingkungan dalam film Semesta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Safitri, L. E. (2021). Lanskap Arkeologi Situs Gosari-Gresik dalam Perspektif Prosesual dan Pasca-Prosesual. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 3(1), 23-33.

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.

Sugiarto, E. (2017). Menyusun proposal penelitian kualitatif: Skripsi dan tesis: Suaka media. Diandra Kreatif.

Zuhaira, S., & Putri, S. A. R. (2021). Representasi Perempuan Dalam Video Klip Girlband Korea (Analisis Semiotika Video Klip Dalla Dalla Dari Girlband Itzy). Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v10i2.2650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License