KORELASI PENERAPAN MODEL CARD SROT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS PROSEDUR

Winda Azhari Nasution, Netti Marini, Tutiariani Nasution, Rosmeri Saragih

Abstract


Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan penerapan model pembelajaran car sort terhadap hasil belajar teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan korelasi penerapan pembelajaran menyusun Teks Prosedur dengan menggunakan metode card sort terhadap hasil belajar menulis teks prosedur di kelas VII SMP Yayasan Perguruan Keluarga. Penelitian ini  menggunakan metode deskriptif kuantitatif koresional dalam usulan penelitian, dengan memberikan essay tes, yang di dalam usulan penelitian, proses hiotesis, turun ke lapangan, analisis data dan kesimpulan data sampai penulisan menggunakan aspek pengukuran, dengan memberikan essay tes. Artinya data dilakukan dengan cara uji product moment, uji t litergrasi linear, mencari rata-rata (x) dan (y), standar deviasi (S), dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikan 16α">  = 0,03 Nilai rata-rata pre-test  dan post-test sehingga adalah 61.61 dan 85.76 dengan selelisih 24,15. Dari hasil uji hipotesis menggunkan uji t diperoleh thitung  1.997  > ttabel  1,995, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan penelitian ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran card sort terhadap hasil belajar teks prosedur di kelas VII SMP Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar.


References


Aminah, S. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Model" Picture and Picture". Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(1), 34–42.

Handayani, R. (2022). Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sdn 2 Selat Tengah. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2, 754–766.

Hidayat, M. T. (2020). Pembelajaran menulis teks prosedur dengan metode discovery learning pada siswa kelas vii smp negeri 1 langsa. Jurnal Samudra Bahasa, 3(1), 45–51.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

Marsiti, M. (2022). Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Sudirman Kadipiro Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2, 941–956.

Rahayu, B. I. (2020). Media Card Sort Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Dalam Maharoh Qiro’ah (Membaca) Pada Pembelajaran Bahasa Arab. Semnasbama, 4, 255–267.

Sangadah, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII DI MTsN 2 Tulungagung.

Saragih, M. G., Saragih, L., Purba, J. W. P., & Panjaitan, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar–Dasar Memulai Penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Simatupang, Y. J. R. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191–206.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v10i2.2398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License