PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa belum terampil dalam membaca di depan kelas. Hal ini terlihat dari masih banayak nilai berbicara siswa yang masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas IX SMPN 2 Sipispis sebelum menggunakan model Cooperatif. Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas IX SMPN 2 Sipispis sesudah menggunakan model Cooperatif. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode pembelajaran cooperatif terhadap kelas IX SMPN 2 Sipispis karena thitung= 4,53 dan ttabel = 1,71 kriteria pengujian t diterima jika thitung > ttabel dengan kata lain H1 diterima dan H0 ditolak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2013). Eksplanasi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Guspaninda. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman. Skripsi. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Huda, M. (2017). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v9i2.2167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: