PENGARUH MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MERANTI TAHUN AJARAN 2019 / 2020

Sharah Devi Shafhira Sari Harahap, Tuti Herawati, Bambang Gulyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penerapan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Cerpen Kelas XI SMA Negeri 1 Meranti Kab. Asahan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif yang menjadi sampel penelitian ada dua kelas yaitu kelas XI-IPS1 dan XI-IPS2 yang diambil secara acak atau random sampling .Kemudian di berikan perlakuan yang berbeda, kelas kontroXI-IPS2 tanpa menggunakan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction dan kelas eksperimen XI-IPS1 menggunakan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction. Setelah pembelajaran selesai diberikan di peroleh hasil perbandingan antara nilai thitung  dengan nilai ttabel pada taraf signifikasi 5% dimana setelah t di peroleh, selanjutnya di konsultasikan dengan taraf t pada taraf signifikasi 5% maupun 1% dan dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 56. Pada tabel t dengan dk = 56 di peroleh taraf signifikasi 5% = 2,00 dan 1% = 2,65 sedangkan nilai thitung 2,25 dan ttabel 2,65 karena nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) ditolak (Ho) diterima. Hal ini berarti tidak ada pengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction pada kelas XI SMA Negeri 1 Meranti tahun ajaran 2019 / 2020.


References


Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suparno dan Yunus, Muhammad. (2008). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v9i1.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License