PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI

Ilham Fadly

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran simulasi terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Bustaanul Uluum Teluk Dalam Teluk Dalam 2018/2019. Metode yang dipakai adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Bustaanul Uluum Teluk Dalam tahun ajaran 2018/2019 pada kelas eksperimen atau dengan menggunakan model pembelajaran simulasi nilai tertinggi ialah 100 dan nilai terendah ialah 40, means 79, Standar deviasi 12,40, standar eror 1,98. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 1% adalah penolakan H0. Artinya, tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran simulasi terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Madrsah Aliyah Bustaanul Uluum Teluk Dalam tahun ajaran 2018/2019.Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% adalah menerima Ha. Artinya, adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran simulasi terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Bustaanul Uluum Teluk Dalam tahun ajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF

References


Anwar, D.(2003). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, R. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. VII(1). 44-50

Safitri, I, dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick dengan Bantuan Media Choose Number terhadap Hasil Belajar Biologi di SMP Negeri 3 Sunngum inasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotek, 6(1), 131-144.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono.( 2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v8i1.1640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License