PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI

Oktaviana Nirmala Purba

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalahmatematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa (2) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Shafiyyyatul Amaliyah Medan yang berjumlah 250 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas, berjumlah 62 siswa melalui teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematik dengan materi Trigonometri. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien realibilitas untuk pretest dan posttestsebesar 0,861dan 0,859 untuk kemampuan pemecahan masalahmatematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil perhitungan menggunakan anava dua jalur yaitu  125,481 sedangkan nilai sig 0,00<0,05 artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalahmatematiksiswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, (2) hasil perhitungan anava dua jalur yaitu  0,678 dengan nilai sig. 0,512>0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematik siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Berdasarkan temuan penelitian akan pembelajaran berbasis masalah dapat direkomendasikan menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi kemampuan pemecahan masalah matematik.

Kata Kunci : pemecahan masalah matematik, pembelajaran berbasis masalah, trigonometri.


Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik Suatu Perbandingan: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PeNA.

Arends, R. 2008. Learning To Teach. Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta : PustakaBelajar.

Jazuli, A. 2009. Berpikir Kreatif Dalam kemampuan Komunikasi Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta, 5 Desember 2009.

Russefendi, ET. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Teddlie, C. & Yu, F. 2007. Mixed Methods Sampling A Typology With Examples. Journal of Mixed Metohod's Research, 1(1): 77-100


Refbacks

  • There are currently no refbacks.