UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

Eva Margaretha Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kisaran melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) khususnya dalam materi suku banyak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Air Batu tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Instrument dalam penelitian ini diantaranya, lembar observasi siswa dan guru, tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil tes evaluasi siklus I diperoleh hasil dari 40 siswa terdapat 27 orang siswa (67,5%) telah mencapai ketuntasan belajar (yang mendapat nilai ≥ 75) sedangkan 13 orang siswa (32,5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan setelah dilakukannya perbaikan dari siklus I pada siklus II, hasil yang diperoleh siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh dari 40 orang siswa terdapat 35 siswa (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (yang mendapat nilai ≥ 75) sedangkan 5 orang siswa (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kisaran khususnya dalam materi suku banyak.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Hasil

                  Belajar, Suku Banyak.

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2009. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

pers.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Krismanto, 2010. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika,

http://p4tkmatematika.org/download/sma/strategi pembelajaran matematika.pdf,

Diakses 5 Desember 2015.

M. Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sukmawarti, 2013. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.