ANALISIS PERMASALAHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA
Abstract
Menulis adalah sebuah proses yang kompleks yang mana di dalam prosesnya dapat dikembangkan dengan menggunakan kemampuan berpikir dinamis, kemampuan analitis, dan kemampuan membedakan berbagai hal secara akurat dan valid. Kegiatan keterampilan menulis memiliki banyak permasalahan dalam pengaplikasiannya. Siswa merasa kesulitan menuangkan ide dan gagasannya ke dalam tulisan. Sumber data penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar se-Kelurahan Selawan. Data penelitian berupa hasil angket permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran menulis. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah permasalahan yang terdapat pada siswa, guru, tujuan, bahan atau materi pengajaran, metode mengajar, media pengajaran menulis, serta pada penilaian keterampilan menulis.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, Permasalahan menulis
Full Text:
PDFReferences
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Gie, The Liang. 1992. Nilai dan Manfaat Karang-Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Mulyana, Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Semi, M. Atar. 1993. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.