PENGARUH METODE INQUIRY BASED LEARNING (IBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SATIRE SISWA KELAS X SMA AL MA’SHUM SIDODADI TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Inquiry Based learning terhadap Kemampuan Menulis Puisi Satire oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Al Ma’shum Sidodadi Tahun Ajaran 2016/2017”. Populasi dalam berjumlah 93 siswa yang terdiri 3 kelas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah secara random sampling atau acak kelas yang membuat gulungan kertas kecil sebanyak tujuh buah yang masing-masing kertas tulis dengan nomor kelasnya, setelah diacak diambil satu gulungan kertas, kertas tersebut dijadikan kelas eksperimen sekaligus kelas kontrol. Perlakuan diberikan kepada kelas X2 sebagai kelas control sekaligus kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yaitu penelitian untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh pembelajaran. Hasil penelitian dan analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis puisi satire dengan pembelajaran konvensional berada pada tingkat cukup. Tersebut dapat terlihat pada taraf rata-rata 64,78 dan nilai tertinggi 85, sedangnya 70, serta rendahnya adalah 60. Hal tersebut dapat dilihat pada taraf rata-rata 86 dan nilai tertinggi siswa pada nilai 100, sedangnya 80, serta terendahnya adalah 65. Berdasarkan uji hipotesis ditemukan bahwa t0 yang diperoleh lebih besar tt yaitu 7,61<2,00 (taraf signifikasi 5%).
Kata kunci : Metode Inquiri Based Learning (IBL), Kemampuan Menulis Puisi Satire
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.