UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INSIDE- OUTSIDE CIRCLE (IOC) DI KELAS VIII MTs SWASTA AL-ISTIQOMAH KEC.TANAH JAWA
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Inside -Outside Circle (IOC). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi bahwa peningkatan pengelolaan pembelajaran yaitu 3,30, 3,55, dan 3,77 dan peningkatan respon siswa yaitu 2,67, 3,00, dan 3,83. Berdasarkan tes hasil belajar menunjukkan peningkatan hasil belajar yaitu 60,42%, 83,33%, dan 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi Inside- Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa VIII MTs Swasta Al-Istiqomah Kec.Tanah Jawa.
Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, hasil belajar matematika, strategi Inside- Outside Circle (IOC).
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning Memperaktikkan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.