Representasi Karakter Tokoh dan Nilai Moral dalam Novel Santri Pilihan Bunda Karya Syalsyabila Falensia sebagai Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA

Rismawati Rismawati, Rina Hayati Maulidiah

Abstract


                                                                                    

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji representasi karakter tokoh dan nilai moral dalam novel santri pilihan bunda karya syalsyabila falensia sebagai rancangan pembelajaran di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Karakter Tokoh dan Nilai Moral dalam Novel Santri Pilihan Bunda karya Salsyabila Sebagai Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan teknik baca dan catat. Berdasarkan hasil penelitian Representasi Karakter Tokoh dalam Novel Santri Pilihan Bunda terdiri dari empat yaitu karakter protagonis dimiliki tokoh utama yaitu Aliza dan Kinaan. Yang dominan memiliki karakter protagonis yaitu tokoh Kinaan diambarkan sebagai seorang laki-laki yang sabar, pantang menyerah, setia, perhatian, tolong menolong, jujur, bersahabat, bertanggungjawab. Karakter antagonis dimiliki tokoh Zero dan Nora. Yang dominan memiliki karakter antagonis yaitu Zero digambarkan sebagai sosok yang kejam, suka menindas, pendendam, iri hati. Karakter deutragonis dimiliki tokoh Kanaya dan Zena. Yang dominan memiliki karakter deutragonis adalah Kanaya digambarkan sebagai seorang gadis yang memiliki watak yang keras, peduli sesama dan bersahabat. Karakter figuran dimiliki oleh tokoh Cungkring dan Kenzi. Yang dominan memiliki karakter figuran adalah Kenzie digambarkan sebagai seorang yang humoris. Nilai moral yang dominan terdapat pada novel Santri Pilihan Bunda karya adalah hubungan manusia dengan manusia lain yaitu dengan varian sebagai berikut peduli sesama, tolong menolong, berbagi/memberi, kasih sayang antar teman/saudara, kasih sayang orang tua kepada anak, nasihat orang tua kepada anak, menghargai, tidak memaksakan kehendak.

Full Text:

Pdf

References


Agustina, H. N. (2021). Memahami Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel Kekhasan Konflik Novel The Kite Runner.

Alfian Rokhmansyah. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ariyati, D. (2017). Pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis literasi kritis. FKIP E-PROCEEDING, 655–662.

Armis, M., Maslikatin, T., & Mariati, S. (2015). Representasi Tokoh Lisa dalam Novel Bunda Lisa Karya Jombang Santani Khairen: Kajian Psikologi Wanita (Delegation Of Lisa In Novel Bunda Lisa Written By Jombang Santani Khairen: Examined By Woman Psychology). Publika Budaya, 3(1), 35–45.

Aziz, M. A. (2018). Fenomena sosial dalam novel Kronik Betawi karya Ratih Kumala dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2018.

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147.

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Eka, C., Santoso, N. P. L., Amelia, S., & Devana, V. T. (2021). Pelatihan Software Editing Bagi Mahasiswa Pada Universitas Raharja. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 60–65.

Endraswara, Suwardi. 2012. Filsafat Sastra: Hakikat, Metodologi dan Teori.Yogyakarta: Layar Kata.

Faizah, I. (2020). Kajian Mimetik Novel “William” Karya Risa Sarawati dalam Perspektif Sosial (Sebuah Kajian Sosiologi Sastra). Institut Agama Islam Negeri Madura.

Firwan, M. (2017). Nilai Moral Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral. Bahasa Dan Sastra, 2(2).

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya chairil anwar. Deiksis, 9(01), 1–12.

Handziq, M. (2019). Analisis Tokoh Utama Dan Latar Novel Ubur-Ubur Lebur Karya Raditya Dika Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. IKIP PGRI BOJONEGORO.

Harianja, I. J. F. (2021). Analisis Struktural Novel “Silence” Karya Akiyoshi Rikako.

Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia Secara Online Di: Http://Lib. Untidar. Ac. Id/Wp-Content/Uploads [Diakses Di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.

Jumadi, M. P. (2018). Mengintensifkan Peran Pendidikan Sastra Untuk Membangun Karakter Siswa. Literature and Nation Character Building, 33.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389–396.

Kurnianto, R. (2019). Pembelajaran Agama Islam Berbasis Budaya Lokal (Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Seni Reyog Ponorogo). Seminar Nasional Pendidikan 2015, 862–875.

Kurniasari, L. A. (2019). Analisis Sosiologi Sastra Novel Sunyi Nirmala Karya Ashadi Siregar Dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. IKIP PGRI BOJONEGORO.

Kurniawati, E. (2013). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Rintihan Dari Lembah Lebanon Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Psikologi Sastra. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Limbong, J. L., & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 2(1).

Ma’rifah, M. (2019). Analisis Penokohan Novel Aku Masenja Hubungannya Dengan Pembelajaran Basaha Indonesia Di SMA. IKIP PGRI Bojonegoro.

Mahendra, M. I., & Womal, A. (2018). Tema Sebagai Unsur Intrinsik Karya Fiksi.

Matanari, E. K., Tarigan, F. S. B., Marbun, G., Oppusunggu, H. B. M. P., Simarmata, I., & Sihotang, M. K. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Cerita Rakyat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II, 2, 74–80.

Maulana, I. (2015). Analisis Intertekstual Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Dan Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi. IKIP PGRI Pontianak.

Mirnalita S, A. (2018). Analisis Perubahan Perilaku Tokoh Utama Wanita “Meng Lijun Dan Shen Lijun” Dalam Film “20 Once Again” Kajian Sosiologi Sastra. Universitas Brawijaya.

Muliana, I. K. E. (2020). Unsur Intrinsik Cerpen “Dedosan” Karya I Wayan Wikana. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 71–80.

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177–181.

Ningsih, E. P. (2021). Analisis Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerita Pendek Dalam Buku Kumpulan Cerita Pendek Dari Suatu Masa Dari Suatu Tempat Karya Asrul Sani Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di SMA Kelas XI. Universitas Siliwangi.

Nugraha, A. R. (2016). Representasi corporate identity dalam logo baru pdam kota bandung. Communication, 7(2), 26–44.

Nurhidayati, N. (2018). Pelukisan Tokoh dan Penokohan dalam Karya Sastra. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 4(4), 493–506.

Nurmaida, M., Kamaludin, M., & Risnawati, R. (2020). Representasi Nilai-nilai Moral dalam Novel" Assalamualikum Calon Imam"(Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Tokoh Dokter Alif). Jurnal Audiens, 1(1), 9–16.

Nyumirah, S. (2013). Peningkatan kemampuan interaksi sosial (kognitif, afektif dan perilaku) melalui penerapan terapi perilaku kognitif di rsj dr amino gondohutomo semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 1(2).

Oktaviani, S. A. (2020). Analisis Unsur Ektrinsik Pada Teks Resensi “Si Anak Badai” Karya Tereliye Sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas XI SMA. FKIP UNPAS.

Prakoso, A. S. (2020). Nilai-Nilai Komunikasi Islam Dalam Falsafah Hidup Masyarakat Lampung. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–17.

Prianggoro, P. (2020). Analisis Nilai Moral Dan Nilai Sosial Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Edutama.

Prof. Lexy J. Moleong, M. . (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif [Edisi Revisi]. In Remaja Rosdakarya.

Putri, C. S. (2021). Representasi Karakter Tokoh Perempuan Dalam Novel Rapijali 1: Mencari Karya Dee Lestari Dan Pemanfaatannya Sebagai Rancangan Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Universitas Pendidikan Indonesia.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. EDU PUBLISHER.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Rusmiatun, F. (2013). Analisis Karakter Tokoh Pendidik Yang Terdapat Pada Novel Dunia Kecil Karya Yoyon Indra Joni. 13-Dec-2013.

Samad, A. (2018). Unsur Latar Belakang Dalam Karya Sastra. Artikel.

Santosa, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur-Unsur Pembangun Cerita Pendek Danmengonstruksi Sebuah Cerita Pendek Dengan Memperhatikan Unsur-Unsur Pembangunnya (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Pa. Universitas Siliwangi.

Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49–59.

Simorangkir, Y. R. (2017). Analisis Pragmatik Terhadap Cerita Novel “Moribito Guardian of The Darkness” Karya Nahoko Uehashi”.

Sinar, Y. (2015). Analisis Karakter Tokoh Utama dalam Novel Dian yang Tak Kunjung Padam karya S. Takdir Alisjahbana Sebuah Pendekatan Psikologi Sigmund Freud. unm.

Slamet, Y. B. M. (2018). Fungsi dan Peran Karya Sastra dari Masa ke Masa. Praxis: Jurnal Sains, Teknologi, Masyarakat Dan Jejaring, 1(1), 24–40.

Soemantri, Y. S. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra Indonesia Di Era Globalisasi. FKIP E-PROCEEDING, 663–670.

Suhertuti, S. (2017). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Terhadap Materi Sastra Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Kurikulum 2013. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 170–188.

Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.

Suprapto, L., Andayani, A., & Waluyo, B. (2014). Kajian psikologi sastra dan nilai karakter Novel 9 dari nadira karya leila s. Chudori. BASASTRA, 2(3).

Supriyantini, S., & Arifin, E. Z. (2020). Nilai Pendidikan Dan Moral Dalam Novel “Dendam” Si Yatim-Piatu Karya Sintha Rosse. Pujangga, 5(1), 47–75.

Susiati, S., Tenriawali, A. Y., Nursin, N., Nacikit, J., & Mukadar, S. (2020). Nilai Edukasi Dalam Novel Partikel Karya Dewi Lestari:(The Value of Education in Particle Novels by Dewi Lestari). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(3), 176–183.

Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga. Elex Media Komputindo.

Syi’aruddin, M. A. (2018). Sastra dan Agama: Transformasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Karya Sastra. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2).

Uno, H. B. (2022). Landasan pendidikan. Bumi Aksara.

Wardani, W. K. (2013). Pesan Moral Dalam Novel Menebus Impian Karya Abidah El Khalieqy: Tinjauan Sosiologi Sastra. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wati, N. M. A. S. (2021). Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Pada Karya Sastra Cerpen" Punyah" Karya I Gede Bayu Kusuma. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2).

Widyastuti, A., Sudarmanto, E., Silitonga, B. N., Ili, L., Purba, S. R. F., Khalik, M. F., Recard, M., Chamidah, D., Purba, B., & Mansyur, M. Z. (2021). Perencanaan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Wijoyo, H. (2021). Monograf Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Kemandirian Belajar. Insan Cendekia Mandiri.

Wulandari, R. A. (2015). Sastra Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), 63–73.

Yuhandika, T., Salim, N., & Fitri, A. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. PENTAS: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 74–82.

Yulianingsih, D. (2017). Representasi Kedudukan Tokoh Perempuan Dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer (Tinjauan Feminisme Sosialis Iris Young). FBS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung FKIP UNA, Jalan Jendral Ahmad Yani No. 1, Kisaran, Sumatera Utara 21214, Indonesia.