Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2021/2022

Sri Utami Marliana, Eva Mizkat

Abstract


Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Intruction terhadap kemampuan menulis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa. Model penelitian ini adalah eskperimen dan desain penelitian ini adalah Post-test only control group design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk  unjuk  kerja  kemampuan  menulis  teks  eksplanasi  dengan  kriteria: struktur teks, keterpaduan teks, kaidah-kaidah kebahasaan, ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post test kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction memperoleh nilai tertinggi 80, nilai sedang 75, dan nilai terendah 65, rata-rata   73,33. Nilai post test kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Problem Based Instruction memperoleh nilai tertinggi 90, nilai sedang 85, dan nilai terendah adalah 70, nilai rata-rata adalah 80,41. Dari perhitungan ujia “t” diperoleh > yaitu 88,5 > 2,00 dan 88,5> 2,65. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, berarti adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap  kemampuan  menulis  teks  eksplanasi  siswa  kelas  XI  SMA  Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2021/2022. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik penerapan model Problem Based Instruction maka semakin baik pula kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2021/2022.


Full Text:

Pdf

References


Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNNISULA PRESS.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajagrafindo Persada.

Desriani, Rizka, dkk. 2020. Metamorfosis Teks Eksplanasi dalam Kehidupan. Medan: Guepedia.

Mulyati. 2017. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta; Kharisma Putra Utama.

Oktavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama

Saddhow, Kundharu dan Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shoimin.A.2016.68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Aruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia.

Jakarta: Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hulaimi, Ahmad dan Khairuddin. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Pendekatan Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah), Jurnal Model Pembelajaran, 6:48.

Listiowati, Ayu Dwi dan Antonius Tri Widodo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7: 1191.

Mardiyah. 2016. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3:3.

Muah, Tri. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang Semarang, Jurnal Model Pembelajaran, 6: 45.

Setiawan, Dadan, dkk. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Penugasan Konsep Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC, Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9: 131

Yuliana, Keke, dkk 2020. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Siswa SMP Kelas VIII, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,

: 352.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung FKIP UNA, Jalan Jendral Ahmad Yani No. 1, Kisaran, Sumatera Utara 21214, Indonesia.