PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Wordwall terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa dalam materi kesebangunan dan kekongruenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan quasy experiment yaitu Pretest-Postetest Control Group Design. Sampel yang diambil adalah kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol yang dimana setiap kelas berjumlah 30 orang dengan memakai metode purposive sampling. Instrument penelitian yang diambil adalah posttest kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunkan uji w. hasil uji homogenitas diperoleh (4,04071) > (1,84), sehingga ditolak artinya varians kedua kelas berasal dari populasi yang tidak sama. Hasil penelitian menggunakan uji w karena salah satu uji prasyarat tidak terpenuhi yaitu uji homogenitas, diperoleh nil sig adalah d (-4,6175) < (-1,96) sehingga diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Wordwall terhadap komunikasi matematik siswa.
Kata Kunci : Discovery Learning, Aplikasi Wordwall, Komunikasi Matematik Siswa
Full Text:
PDFReferences
Ali Rasyid, Muhammad. (2019). Kemampuan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi, Vol. 05 No.1.
Andini, Ayu. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Astuti, Dewi, Ely Syafitri. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Pada Kurikulum 2013 Kelas X di SMA Negeri 1 Air Joman. Jurnal MathEucation Nusantara. Vol. 2 (2), 2019, 127-132
Dehong, Rosinta. (2020). Analisis Langkah-Langkah Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 05, No. 02.
Yuniar, Vika. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) Berbantuan Media Aplikasi GeoGebra 3D Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di UPTD SMP N 2 Buntu Pane Satu Atap Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Universitas Asahan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.