PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN GOOGLE SITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Novita Yolanda, Syahriani Sirait

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbantuan Google Site yang valid, praktis dan efektif agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada peserta didik kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran berbantuan Google Site pada materi barisan dan deret. (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran dikembangkan berdasarkan model penngembangan 4-D yang terdiri dari Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Air Batu. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh data hasil validasi para ahli dengan rata-rata  berada pada kategori hasil sangat valid, karena  sehingga media pembelajaran tersebut dikatakan sangat valid, selanjutnya media pembelajaran dinilai oleh siswa dengan rata-rata respon  kategori sangat praktis, dan respon guru dengan rata-rata respon sebesar kategori sangat praktis. Maka berdasarkan hasil tes belajar siswa tuntas secara klasikal dengan rata-rata kategori sangat efektif.

 

 Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Google Site


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.