PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi Statistika di kelas VIII SMP Swasta Syuhada Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Two group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-Al sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Powtoon dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Ekspositori yang diambil secara sampling purpose. Sebelum pembelajaran diberikan diperoleh pretest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 10,17 dan kelas kontrol 17,75 sedangkan setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 84,75 dan kelas kontrol 70,33. Hasil uji t diperoleh = 5,631 = 2,011 maka diterima, dengan demikian diperoleh terdapat Pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada materi Statistika di kelas VIII SMP Swasta Syuhada Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Statistika, Berpikir Kritis Matematis
Full Text:
PDFReferences
Nasution, N. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Penyajian Data Di Kelas Vii Mts Ex Pga Univa Medan T.A 2019/2020. Univa Medan.
Purwanti, K. Y., & Suryani, E. (2018). Pengaruh Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Powtoon Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Janacitta, 1(1). Https://Doi.Org/10.35473/Jnctt.V1i1.17
Putri, F. M. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Teori Apos Pada Siswa Kelas Viii.1 Smp Negeri 6 Sekayu. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.31100/Histogram.V2i1.29
Rizqi Nashrullah, F., Asikin, M., & Waluya, B. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme). Jurnal Int∑Gral, 12(1), 1–18.
Sofyan, I. Y., Setiani, Y., & Rafianti, I. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Video Berbasis Kontekstual. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 59. Https://Doi.Org/10.56704/Jirpm.V2i2.11668
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. In Alfabeta.
Yanti, F., Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1743–1751. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2132
Refbacks
- There are currently no refbacks.