PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA

Sri Ningsih, Syahriani Sirait, Sri Rahmah Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra pada materi geometris sisi datar mempengaruhi literasi numerasi siswa kelas delapan SMP Swasta Syuhada pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimental, dengan pre- dan post-test diberikan kepada dua kelompok terpisah. Semua peserta berasal dari tiga bagian berbeda dari Kelas VIII. Dua kelompok berbeda berfungsi sebagai sampel penelitian (kelas VIII-1 dan VIII-2). Pada Bagian VIII-1, kita akan menggunakan pendekatan pedagogis Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sebagai kelas eksperimen, sedangkan Bagian VIII-2 akan berfungsi sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan pedagogis Ekspositori. Dibandingkan dengan kelas normatif, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest yang jauh lebih tinggi (27,91). (28,75). Rata-rata post test untuk kelas eksperimen adalah 79,33 setelah pembelajaran selesai, tetapi hanya 73,33 untuk kelompok kontrol (70,83). Hasil uji T diperoleh .  diterima dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.

Kata Kunci : Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Literasi Numerasi, Problem Based Learning (PBL)


Full Text:

PDF

References


Agasi, G. R., & Rudhito, M. A. (2014). Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal-Soal TIMSS Tipe Penalaran. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, Fakultas Sains dan Matematika UKSW (Vol. 5, p. 1). https://repository.uksw.edu/handle/123456789/4631

Andri Rahadyan, Purni Munah Hartuti, A. A. R. A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam. 01(01), 11–19.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.

Sapta, A., Pakpahan, S. P., & Sirait, S. (2019). Using The Problem Posing Learning Model Based on Open Ended to Improve Mathematical Critical Thinking Ability. 01(01), 12–15. https://doi.org/10.32734/jormtt.v1i1.752.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif , R&D. In Alfabeta (Issue 17). Alfabeta CV. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain Di Pgmi. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039-1045. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.845

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. 05(02), 1687–1699.

Yanwari, D., Priyono, A., & Prasetyo, B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. 2, 648–658.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.