PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM BERBANTUAN APLIKASI MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Rika Alisyah Ka, Syahriani Sirait

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Hessa Air Genting tahun ajaran 2022/2023 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quiz Team berbantuan aplikasi Maple dibandingkan dengan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Hessa Air Genting. Dua kelas dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Quiz Team berbantuan aplikasi Maple sedangkan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor kemampuan penalaran matematis siswa yang dianalisis dengan uji-t. berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Quiz Team berbantuan aplikasi Maple lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quiz Team Berbantuan Aplikasi Maple, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Full Text:

PDF

References


Ade Kurniawan, dan. (2016). Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP MATARAM Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMPN 13 Mataram Pada Materi Bangun Ruang. 5(2). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm

Akrom, M. (2021). Kontribusi Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA di Kota Surakarta. In Lambda Journal, Lembaga "Bale Literasi (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/lambda

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. AIP Conference Proceedings, 2014. https://doi.org/10.1063/1.5054417

Dinda, (, Putri, K., Logo, ), Penalaran, J. K., Ditinjau, M., Pemecahan, K., Dinda, M., Sulianto, J., Azizah, M., Kunci, K., Matematika, P., Penalaran, K., & Masalah, P. (2019). A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.

Fadilah, R. U. (2019). Penerapan Model pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS 2 SMAN 8 Kediridisemester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.

Fitriana, N. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 20, 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/

Madio, S. S. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Matematika.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.

Putu Hendra Widiartana, I. (2018). The Effect of Open-Ended Approach Towards Students’ Mathematical Reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012134

Ratnasari, G. I., & Abadi, A. M. (2018). Investigating mathematical literacy, mathematical reasoning skill, and self esteem of a public high school. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012096

Riyanto, B. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Pendidikan Matematika, 5, 111–128.

Santoso, P. E., Hendrowati, T. Y., & Cahyadi, R. (2021). Analisis Penalaran Matematis Pada Operasi Baris Elementer Untuk Menyelesaikan Persamaan Linier. JURNAL E-DuMath, 7(1), 11–17. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.

Sri Parnayathi, I. G. A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642

Subhan Pamungkas, A., & Yuhana, Y. Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Sylviani, S., Permana, F. C., & Rinjani, D. (2019). Penggunaan Maple dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Materi Integral. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.17509

Wardani, N., Muntari, M., Hadisaputra, S., & Loka, I. N. (2019). Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia antara Model Pembelajaran Team Quiz dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar. Chemistry Education Practice, 1(2), 14. https://doi.org/

Yusdiana, B. I., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.409-414


Refbacks

  • There are currently no refbacks.