PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN APLIKASI POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA

Sri Tika Handayani, Dewi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan aplikasi PowToon terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi penyajian data kelas VII-3 SMP Swasta Syuhada Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian two group pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 2 kelas (Kelas VII-2 dan VII-3). Pada kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pada kelas VII-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pre test kelas eksperimen (10,60) sedangkan kelas kontrol (11,33). Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh nilai rata-rata post test dikelas eksperimen (77,87) sedangkan kelas kontrol (64,60). Hasil uji T diperoleh Thitung (3,774)> Ttabel(2,001) maka Ha diterima dengan demikian terdapat pengaruh positif dan siginifikan dalam penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan aplikasi PowToon terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.

Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Literasi Numerasi,Penyajian Data


Full Text:

PDF

References


Covid-, P., & Rahmattullah, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi PowToon Dalam Online Teaching Contest FESTA FORKOM FKIP 2021 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dimasa. Prospek I, 149–151.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.

Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Sd/Mi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499

Purwanto, E. A., Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif : Untuk Administrasi Publik Dan Masalah-Masalah Sosial. Gava Media.

Purwanto, A., Risdianto, E., Putri, D. H., Masito, F., & Oka, I. G. A. A. M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Powtoon Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Sman 4 Kepahiang. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 1(2), 114–120. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.23

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Sania, K., Yogica, R., Ristiono, R., & Selaras, G. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati. Biodik, 8(1), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17011

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif , R&D. In Alfabeta (Issue 17). Alfabeta CV. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020).. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845


Refbacks

  • There are currently no refbacks.