MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTORIK ANAK MELALUI LOMBA CERDAS CERMAT DI DESA RAWANG PANCA ARGA

Rahma Yunita Ansi, Rafika Muspita Sari, Ningsih Ramadhani, Muhairani Muhairani, Dian Triana Sari, Rara Dwi Agustina, May Shella, Fuji Rahayu, Yuli Rizky, Yuha Aulinia, Ayu Surya Ningsih, Nurhidayati Panjaitan

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan siswa-siswi di UPTD SD N 014613 dalam pembelajaran disekolah, dan untuk merangsang kemampuan kognitif dan motorik untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar agar kegiatan belajar mengajar efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan.Namun kenyataannya pengetahuan peserta didikdi UPTD SD N 014613Panca Arga dalam mata pelajaran sangat kurang.Sehingga berpengaruh kepada kemampuan kognitif dan motorik siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan yang ada diperlukan solusi.Salah satu solusi baik yang dapat diterapkan adalah mengadakan Lomba Cerdas Cermat agar meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik.Teknik ini dapat membuat suasana belajar tidak monoton dan leboh menarik sehingga berdampak meningkatnya kemampuan kognitif dan motorik siswa. Membangkitkan miat belajar peserta didikdan kemampuan kognitif dan motorik mengadopsi pendekatan yang menyenangkan akan lebih efektif dalam membangkitkan rasa ingin tahu dan pengalaman bermain puzzle dalam lingkungan belajar yang efektif dan memotivasi siswa. Materi lomba meliputi matematika, fisika dan dasar-dasar teknik elektro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi 4 tahapan, yaitu : langkah 1) Rencanakan, 2) Lakukan, 3) Amati/Evaluasi, langkah 4) Renungkan. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas 4, 5, dan 6.Hasil penelitian menunjukkan Lomba Cerdas Cermat (LCC) membuat peserta didikdi UPTD SD N 014613 Panca Arga sangat aktif dan mampu menjawab pertanyaan dengan cepat.Serta dengan adanya Lomba Cerdas Cermat (LCC) ini, keterampilan motorik dasar anak berkembang tergantung pada tingkat kematangan system saraf dan otot serta apakah aktivitas anak berada dibawah kendali otak.

 

Kata Kunci : Kognitif, Lomba Cerdas Cermat dan Motorik

 

ABSTRACT

 

This research aims to hone the knowledge of students at UPTD SD N 014613 in learning at school, and to stimulate cognitive and motor skills in order to support the success of the teaching and learning process so that teaching and learning activities can be effective I  achieving the desired goals. However, in reality, students’ knowledge at UPTD SD N 014613 Panca Arga in subjects is very reduced. So it affects students’ cognitive and motorik skills. Thus, to solve existing problems, a solution is needed. One of the right solutions to implement is to hold a quiz competition to improve cognitive and motor skills. This technique can make the learning atmosphere less monotonous and more enjoyable, which has an impact on increasing students’ cognitive and motor skills. Arousing students’ interest in learning and cognitive and motor skilss through a game approach is more effective in fostering curiosity and experience in playing smart games in an effective and motivating learning environment for students. The material in the competition includes mathematics, physics and basic electrical engineering. This research classroom action resereach, which was carried out in two cycles. Each cycle consist of 4 stages, namely :  stage 1) Planning, 2) Implementation, 3) Observation/Evaluation, stage 4) Reflection. The research subjects were students in grades 4,5 and 6. The results showed that the Smart Quiz Competition (LCC) made students at UPTD SD N 014613 Panca Arga very active and able to answer questions quickly. And with this Smart Quis Competition (LCC), childern’s motor basic develop along with the maturity level of the nervous and muscle systems, as well as children’s antivities under the control of the brain.

 

Keywords : Cognitive, Motorik, Quiz Competition

Full Text:

PDF

References


Castleman, Kenneth R., 2004, Digital Image Processing, Vol. 1, Ed.2, Prentice Hall, New Jersey.

Fauzan et al. 2017. Aplikasi Cerdas Cermat Online Realtime Untuk sekolah Dasar. Jurnal Informatika, 14(1):22-27.

Gonzales, R., P. 20004, Digital Image Processing (Pemrosesan Citra Digital), Vol. 1, Ed.2, diterjemahkan oleh Handayani, S., Andri Offest, Yogyakarta.

Nurhasanah & Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1):135-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.