PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM DAN PENGEMASAN PRODUK MASYARAKAT DESA AEK BAMBAN KECAMATAN AEK SONGSONGAN
Abstract
Pengabdian masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) yang dilaksanakan di desa Aek Bamban kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan yang berfokus pada usaha rumahan (UMKM) melalui pendampingan dalam pelaksanaan pelatihan pemasaran dan pengembangan ekonomi kreatif untuk masyarakat setempat. Permasalahan UMKM yang ada di desa Aekbamban adalah kurangnya pengetahuan mengenai penggunaan media sosial dan teknologi yang ada, serta kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya branding dalam sebuah usaha. Metode yang digunakan dalam pengembangan UMKM di desa adalah menggunakan observasi, wawancara, diskusi kelompok (FGD) dan pengumpulan data sekunder. Program yang dilakukan diantaranya program digital branding, dan pendampingan pembuatan konten digital. Diharapkan setelah berjalannya program ini dapat membantu UMKM mitra dalam mengikutri perkembangan digitalisasi yang dapat meningkatkan taraf ekonomi.
Kata Kunci : Digitalisasi, pengemasan, usaha
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S.,& Racmadi,.K.R (2022).Digitalisasi Pemasaran Melalui Media Sosial Marketing pada Pelaku UMKM Guna peningkatan Pendapatan.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,3, 4442-448
Herdiman, L., Azizah, N.N., Adyanata, I.,& Dkk. (2022). Sosialisai Pelatihan dan Digitalisasi Dalam Usaha Peningkatan UMKM Di Desa Trayu.Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,5, 4823-4829
Nasution, E. Y.,& Indria,T.(2021).Digitalisasi UMKM. Jurnal Pengapdian Kepada Masyarakat.2, 83-88
Wijoyo, H., &Dkk.(2020). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri
Zakka, N.,& Sofyantoro,s.(2020. Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM Melalui Digitalisasi. Jurnal Pemerintahan, Pembangunan dan Inovasi Daerah, 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.