SOSIALISASI DAN EDUKASI PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN-PEMASARAN PRODUK UMKM DESA SIPAKU AREA
Abstract
Sosialisasi dan edukasi pendampingan pengelolaan manajemen keuangan dan pemasaran produk UMKM di desa Sipaku Area kecamatan Simpang Empat kabupaten Asahan dilakukan betujuan agar dalam pelaksanaannya pelaku UMKM memiliki manajemen yang dimana dalam prosesnya terdapat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan agar UMKM yang dijalankan menghasilkan produk terbaik sehingga mendapatkan profit/ keuntungan yang maksimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari cara membuat pembukuan dan laporan keuangan sederhana UMKM. Pembuatan neraca dan Laporan laba rugi dan peluang bisnis dengan membuat promosi dilingkungan desa Sipaku Area kecamatan Simpang Empat dengan membuatkan akun di media sosial dimana produk masing masing UMKM dihimpun untuk dipasarkan melalui media sosial.Para pelaku bisnis diberikan edukasi membuat pembukuan keuangan sederhana.Dari hasil kegiatan pada pendampingan pembuatan pembukuan laporan keuangan sederhana dan kegiatan pendampingan lainnya pada UMKM di desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan dari daftar pertanyaan menyatakan sangat bermanfaat bagi mereka.Dan peserta secara umum telah dapat membuat pembukuan transaksi sederhana dan neraca serta laba rugi.dan para serta UMKM memiliki rasa antusias yang tinggi dengan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan pencatatan.
Kata Kunci: Edukasi, Manajemen, Sosialisasi, dan UMKMFull Text:
PDFReferences
Deanta, 2016, Memahami Pos Pos dan Angka Angka daalam Laporan Keuangan Untuk Orang Awam, Yogyakarta, Gaya Media
Hoiruddin, M.A Dkk, (2016), Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Ditaman Baca Masyarakat, Journal An-nafs 1 (2) 291-319 Desember 2016
Solihin, Ismail,Manajemen Strategik, Jakarta ,Erlangga 2012
S. Munawir Drs. AkuntanAnalisa Laporan Keuangan, Edisi ke Empat 2004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.