PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BISNIS RUMAHAN UMKM DALAM PENERAPAN PEMASARAN ONLINE, PENGEMASAN PRODUK, DAN PERIZINAN USAHA DI DESA TANJUNG ALAM KEC SEI DADAP KAB ASAHAN
Abstract
Di era perkembangan teknologi atau dunia digital pasti akan berdampak pada dunia ekonomi. Maka dengan memanfaatkan keadaan ini, kami kelompok 8 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Asahan membuat program kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Bisnis Rumahan UMKM Dalam Penerapan Pemasaran online, Pengemasan Produk, dan Perizinan Usaha di Desa Tanjung Alam Kec Sei Dadap Kab Asahan. Kegiatan ini didasari atas hasil observasi kami dilapangan kepada para pelaku UMKM, karena masih kurangnya pengetahuan mengenai penerpan pemasaran online,pengemasan produk, dan perizinan usaha tujuan dari kegiatan ini memberikan suatu pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM Desa Tanjung Alam agar paham terkait pemasaran produk melalui pemasaran online. Mengedukasi kepada seluruh pelaku UMKM Desa Tanjung Alam bahwa pembukuan keuangan yang rapi sangat penting dalam mendirikan usaha. Memberikan pelatihan kepada UMKM Desa Tanjung Alam tentang pengemasan produk, membuat izin usaha agar UMKM yang ada di Desa Tanjung Alam untuk mendapatkan legilitas dari pemerintah sehingga tidak banyak mendapatkan masalah dikemudian hari. Metode kegiatan ini menggunakan langkah awal yang dilakukan untuk mendata para pelaku UMKM melalui survey secara langsung terhadap tokoh masyarakat di Desa Tanjung Alam Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan. Tim kami berupaya agar dalam kegiatan ini nantinya para pelaku UMKM dapat menggunakan media sosial dengan benar untuk memperluas jaringan pemasaran produk mereka.
Kata kunci : Pemasaran Online, UMKM, Perizinan Usah
Full Text:
PDFReferences
Ghozali, Mead Herbert George, Mind, self, and society, 1972
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.