ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN BUDI UTOMO SIMPANG STADION MUTIARA KISARAN
Rekha Elysabeth Sihombing, Muhammad Irwansyah
Abstract
Pada ruas jalan Budi Utomo simpang stadion Mutiara Kisaran sering terjadi kemacetan pada jam-jam sibuk (berangkat dan pulang kerja) karena pada jam sibuk terjadi peningkatan volume kendaraan yang cukup tinggi. Ditambah lagi, banyaknya aktivitas hambatan samping yang menambah permasalahan di ruas jalan Budi Utomo simpang stadion Mutiara Kisaran. Jalan yang diperuntukkan sebagai lalu lintas, tersita karena kendaraan berhenti atau parkir di badan jalan,pedagang kaki lima, kendaraan keluar masuk dari jalan juga ikut mengurangi kelancaraan lalu lintas hingga menyebabkan kemacetan pada jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan Budi Utomo simpang stadion Mutiara Kisaran. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu data primer yang di peroleh dari hasil pengamatan/survei di lokasi yakni Jalan Budi Utomo dan data sekunder data yang diambil dari berbagai literatur untuk kelengkapan isi pada data primer. Data penelitian yang digunakan adalah data hasil survei lalu lintas pada lokasi penelitian selama 7 hari, yaitu Senin, 07 Oktober 2024 s/d Minggu, 13 Oktober 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa volume kendaraan tertinggi pada hari Kamis,yaitu sebesar 1.076,60 smp/jam, kapasitas ruas jalan sebesar 1.382,67 smp/jam, kecepatan arus bebas 28,96 km/jam dengan derajat kejenuhan 0,78 didapatkan tingkat pelayanan D. Hal ini menunjukkan bahwa arus kendaraan mendekati keadaan tidak stabil. Hambatan samping tertinggi pada hari Kamis sebesar 264,4 kejadian/jam dengan kategori kelas hambatan samping Rendah (R). Hal tersebut dikarenakan tingginya aktifitas pinggir jalan, antara lain pengendara sepeda motor yang parkir di bahu jalan pada rumah makan karena tidak tersedianya lahan parkir. Selain itu, warung-warung di sepanjang jalan Budi Utomo menggunakan bahu jalan untuk tempat berjualan sehingga cukup menghambat pergerakan lalu lintas
References
Tamin, O.Z, (2000). “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”, Penerbit Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Indonesia, Presiden Republik, and Undang-Undang Republik Indonesia, (2004). “Undang-Undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan”.
Muhammad, Ardiansyah, Baharuddin Hamzah, and Jamaluddin Rahim. (2018). “Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan.” Jurnal Penelitian Enjiniring Vol. 22, No.2, 96–104.
Hayati, Nurul, Alexander Tuahta Sihombing, Intan Zahar, Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan, Pengaruh Parking, Badan Jalan, Terhadap Kinerja, Ruas Jalan, and Pusat Perbelanjaan. 2023. Vol.2, No.2, 19–26.
Dirjen Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan Kota, (1997) “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”, Jakarta
Dirjen Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan Kota, (2014) “Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI)”, Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.36294/batas.v4i1.4626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Program Studi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.
Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Telp/WA : 08116238200 - 081370812552
E-Mail : batasjurnal@gmail.com
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License