ANALISIS TEBAL LAPISAN PONDASI PERKERASN JALAN SIMPANG SILANGIT MUARA KABUPATEN TOBA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AASHTO 2001
Abstract
Infrastruktur adalah pilar utama dalam menjalankan ekonomi Masyarakat. Infrasturktur jalan khususnya daerah Toba memiliki peranan penting untuk meningkatkan konektivitas antar-daerah setempat yang bisa membantu meningkatkan ekonomi, pendidikan hingga pariwisata yang ada di daerah Toba. Jalan simpang Silangit Muara adalah sebuah jalur yang menghubungkan berbagai desa di Kabupaten Toba. Jalur ini memiliki lebar yang terbatas dan melibatkan variasi dalam topografi jalan yang naik turun. Kondisi ini menciptakan kesulitan dalam hal akses masuk dan keluar dari desa-desa di sekitarnya. Dalam upaya untuk memperbaiki situasi di Jalan simpang Silangit Muara, perlu dilakukan perencanaan yang mempertimbangkan ketebalan lapisan perkerasan jalan raya, dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti muatan kendaraan, keadaan cuaca, jenis bahan perkerasan, usia rencana, dan aspek-aspek lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan tebal lapisan perkerasan jalan simpang silangit muara kabupaten toba dengan metode AASHTO 2001. Dari hasil analisis metode AASHTO diperoleh lapisan permukaan menggunakan laston dengan tebal 13 cm, lapisan pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A dengan tebal 15 cm dan lapisan pondasi bawah menggunakan sirtu/pitrun kelas A dengan ketebalan 30 cm.
Full Text:
PDFReferences
B, Istianto., (2019). “Transportasi Jalan di Indonesia Sejarah
dan Perkembangannya,” Melvana Publishing, Depok, Jawa Barat
Kementrian, P. U. P. R. (2021). “Buku Informasi Statistik
Infrastruktur PUPR 2021”. Pusat Data Dan Teknologi Informasi
(PUSDATIN).
P, R, Nahak., Cahyo, Y., and Winarto, S., (2019). “Studi
Perencanaan Tebal Perkerasan Konstruksi Jalan Raya Pada Ruas
Jalan Umasukaer Di Kabupaten Malaka”. JURMATEKS, Vol. 2, No.
, 75-85
D, N, Wulansari., (2018). “Analisis Tebal Perkerasan Lentur
Menggunakan Metode Analisa Komponen Dan Metode AASHTO
Pada Ruas Jalan Nagrak Kabupaten Bogor”, Jurnal Kajian Teknik
Sipil, Vol. 3, No. 1, 22-31
AASHTO (1993), “AASHTO Guide for Design of Pavement
Structures”, Washington DC.
DOI: https://doi.org/10.36294/batas.v3i2.4328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Program Studi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.
Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Telp/WA : 08116238200 - 081370812552
E-Mail : batasjurnal@gmail.com
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License