TINJAUAN KONDISI PERKERASAN RUAS JALAN DI KOTA TANJUNG BALAI DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportai darat yang ditujukan untuk lalu lintas yang cakupannya meliputi seluruh bagian jalan, pelengkap jalan ataupun perlengkapannya. Menurut pengamatan peneliti, ruas jalan Husni Thamrin menunjukkan kerusakan tekstur jalan yang cukup parah diantara jalan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PCI (Pavement Condition Index). Dimana cara ini dilakukan dengan cara mengukur luas kerusakan permukaan jalan, menentukan tingkat kerusakan permukaan jalan dengan melihat grafik Nilai Pengurangan, menghitung tingkat kerusakan yang terjadi pada permukaan jalan (kepadatan), menghitung Total Deduct Value (TDV), menghitung Corrected Deduct Value (CDV), menghitung nilai PCI dan menentukan level jalan apakah masih layak atau tidak layak. Dari hasil identifikasi diketahui bahwa pada Jalan Husni Thamrin terdapat beberapa jenis kerusakan seperti kerusakan berlubang (rendah), retakan cekungan dengan kerusakan tinggi, ravelling dengan tingkat kerusakan tinggi. Nilai kondisi perkerasan (PCI) pada ruas jalan Husni Thamrin: 39% dengan kondisi perkerasan Tidak Memuaskan (Poor).
Full Text:
PDFReferences
. Wirnanda, I., Anggraini, R., & Isya, M. (2018). “Analisis Tingkat Kerusakan Jalan dan Pengarunya terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus: Jalan Blang Bintang Lama dan Jalan Teungku Hasan Dibakoi)”. Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 617–626.
. Bolla, M. E. (2012). “Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang, Kota Malang)”. Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 104–116.
. Sirait, R. B. A. dkk. (2017). “Analisa Kondisi Kerusakan Jalan Raya pada Lapisan Permukaan”. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, 4(4).
. Bina Marga. (1995). “Manual Pemeliharaan Rutin jalan Nasional dan Jalan Provinsi”. Jakarta.
. Christady Hardiyatmo Hary. 2007. “Pemeliharaan Jalan Raya”. Gadjah Mada University Press.
DOI: https://doi.org/10.36294/batas.v3i1.3800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Program Studi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.
Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Telp/WA : 08116238200 - 081370812552
E-Mail : batasjurnal@gmail.com
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License