ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DAN FAKTOR PENYEBABNYA DI KECAMATAN BUNTU PANE

Shofa - Sofyan

Abstract


Jalan Lintas Kecamatan Buntu Pane adalah jalan penghubung antara beberapa Kecamatan yang memiliki titik rawan kecelakaan atau blackspot. Dan disamping fungsinya yang sangat krusial, lalu lintas di Jalan Kecamatan Buntu Pane sering terjadi Kecelakan. Jalanan di Jalan Kecamatan Buntu Pane memiliki beberapa titik memiliki rambu yang minim dan kondisi aspal yang banyak berlubang. Terjadi peningkatan angka kecelakaan kerja pada tahun 2018,2019 dan 2020 di beberapa titik dijalan Kecamatan Buntu Pane dan menelan korban jiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa factor penyebab, karakteristik, lokasi daerah titik rawan atau blackspot, keadaan titik rawan kecelakaan ( black spot ), upaya – upaya penanganan yang dapat dilakukan, dan besarnya kerugian materi kecelakaan yang terjadi di jalan Kecamatan Buntu Pane. Metode yang digunakan adalah metode AEK ( Angka Ekivalen Kecelakaan ) untuk mengetahui daer5ah titik rawan kecelakaan di Kecamatan Buntu Pane. Data sekunder yaitu jumlah angka kecelakaan dan korban kecelakaan didapat dari Laporan Polisi di Kapolsek Prapat Janji selama 3 tahun terakhir. Gambaran hasil dari karakteristik kecelakaan yang diperoleh dari data penelitian adalah sebagai berikut : kecelakaan dominan terjadi dihari senin sebanyak 21 kali ( 16% ) diwaktu terang sebanyak 54 kali ( 56% ), korban luka ringan sebanyak 53 korban ( 37% ), Pengguna Kendaraan Sepeda Motor sebanyak 73 kali ( 49% ), usia 16 sampai 30 Tahun sebanyak 48 kali ( 28% ). Faktor dominan kecelakaan lalu lintas yaitu disebabkan oleh manusia dengan persentase 41%. Dengan metode AEK didapat daerah rawan kecelakaan ( blackspot ) dengan angka tertinggi adalah Desa Lestari Kecamatan Buntu Pane.


Full Text:

PDF

References


Hobbs, F.D, 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit Gadjah Mada University Press.

Pemerintah Republik Indonesia. 1993. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tentang Kendaraan dan Pengemudi. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

VDA, Anggorowati., (2020). "Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Wates-Purworejo Kabupaten Kulon Progo)". Jurnal KURVATEK, Vol. 5, No.1, 123-132.

H.M.T Rustxell P. Simanungkalit., (2013). "Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Sisingamangaraja (STA 00+000 – STA 10+000) Kota Medan". Tugas Akhir. Universitas Sumatera Utara.

Pignataro, L.J.(1973), Traffic Engineering: Theory and Practice, Prantice Hall Int., Englewood Cliffs, N.J.

Direktorat Keselamatan Transportasi Darat. 2007. Pedoman Operasi Accident Blackspot Investigation Unit / Unit Penelitian Kecelakaan Lalu Lintas (ABIU/UPK). Jakarta: Direktorat Keselamatan Transportasi Darat.




DOI: https://doi.org/10.36294/batas.v3i1.3798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)

Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)

Program Studi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 08116238200 - 081370812552

E-Mail : batasjurnal@gmail.com

Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License