KONFLIK ARUS LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN TIDAK SEBIDANG PADA FLY OVER JAMIN GINTING DAN RUAS JALAN A.H. NASUTION

Shofa - Sofyan

Abstract


Persimpangan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari semua sistem pergerakan dengan angkutan umum maupun angkutan pribadi. Ketika berkendaran orang dapat melihat bahwa jalan  di daerah perkotaan biasanya memiliki persimpangan, dimana pengemudi dapat memutuskan untuk jalan terus atau membelok dan pindah jalur jalan. Penelitian ini berlokasi di Fly Over Jamin Ginting ruas jalan A.H. Nasution dengan jalan Pintu Air IV merupakan tipe persimpangan berlengan 3 dan tidak sebidang, sehingga berpotensi terjadi konflik simpang di antaranya   Diverging  (Memisah), Merging (Menggabung), Crossing (Memotong ), dan Weaving  (Menyilang ). Penelitian ini meneruskan penelitian  (skripsi) dari  Syafrizal Tinambunan  tahun 2017 berjudul Studi  Jumlah Penyebaran Kenderaan Setelah Pengoperasian Fly Over Pada Persimpangan Jl.AH. Nasution Dan Jl. Jamin Ginting, yang mengasilkan distribusi kenderaan sebelum dan sesudah dioperasikan nya flyover. Hasil penelitian ini adalah  arus merging paling banyak terjadi. namun berpotensi terjadi Crossing dan rawan kecelakaan. Maka harus direncanakan manajemen arus dengan meletakkan Sign/ rambu-rambu pada jarak 100 m, 50 m, dan 10 m menuju persimpangan flyover.


Full Text:

PDF

References


DAFTRA PUSTAKA

Timboeleng.(2015).”Analisis Kinerja Simpang Tanpa Sinyal (Studi Kasus :Simpang Tiga Ringroad - Maumbi)”, Jurnal Sipil Statik. Vo.3, No.7, 515-530.

Alexander Samosir, (2019). “Evaluasi Kinerja Persimpangan Akibat Adanya Fly Over Jamin Ginting Terhadap Pergerakan Arus Lalu Lintas”. Tugas Akhir. Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Medan Area, Medan.

Direktorat Jenderal Bina Marga, (1997). “Manual Kapasitas Jalan Indonesia”. Jakarta

Tinambunan, Syahprizal. (2017). “Studi Jumlah Penyebaran Kenderaan Setelah Pengoperasian Fly Over Pada Persimpangan Jl.AH. Nasution Dan Jl. Jamin Ginting Medan”, Tugas Akhir. Universitas Al-Azhar, Medan




DOI: https://doi.org/10.36294/batas.v2i1.3090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)

Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)

Program Studi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 08116238200 - 081370812552

E-Mail : batasjurnal@gmail.com

Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License