EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN RUAS JALAN DI KOTA TANJUNG BALAI DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEKS (SDI)
Abstract
Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting dalam memperlancar pertumbuhan dan pengembangan hubungan sosial, ekonomi dan budaya antar daerah yang ada di Indonesia.Untuk itu jika perkerasan jalan terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan sehingga dapat mempengaruhi tingkat pelayanan jalan yang diantaranya yaitu keamanan, kenyamanan, dan kelancaran dalam berlalu lintas. Sehingga sangat penting dilakukan survey penilaian kondisi perkerasan baik secara evaluasi fungsional dan evaluasi struktural untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan yang ada. Parameter kinerja perkerasan jalan yang dapat digunakan untuk menentukan penilaian kondisi jalan Surface Distress Index (SDI). Informasi untuk penilaian kondisi jalan adalah Surface Distress Index (SDI) melalui survey Road Condition System (RCS). Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai penilaian Kondisi permukaan Jalan dengan menilai secara Visual dan akan mengetahui Nilai dari SDI jalan tersebut sehingga dapat dikategorikan terhadap Tingkat kerusakan jalan tersebut, dengan dilakukannya penilaian tersebut maka bisa diprioritaskan jalan mana yang ditangani lebih dulu. Studi kasus yang dipilih adalah beberapa ruas jalan arteri di Kota Tanjungbalai, yakni Jalan Jalan M.T Haryono, Jalan Prof. DR. Ir. Sutami/Pendidikan, Jalan Anwar Idris, Jalan Abd. Rahman dan Jalan SMU 3. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Jalan SMU 3 jalan yang Paling Prioritas dengan nilai SDI 201 dengan Persentase Kerusakan Jalan 72,57% Rusak Berat.
Full Text:
PDFReferences
DAFTRA PUSTAKA
Suwardo, Sugiharto, (2004). “Tingkat Kerataan Jalan Berdasarkan Alat Rolling Straight Edge Untuk Mengestimasi Kondisi Pelayanan Jalan (PSI dan RCI)”. Simposium VII FSTPT, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
Wilayah, D. P. D. P, (2003). “Perencanaan perkerasan jalan beton semen”. Departemen Pemukiman Dan Prasarana Wilayah, Jakarta.
Soehardi, F, (2022). “Analisis Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Surface Distress Index
(Sdi)(Studi Kasus: Jalan Meranti Kota Pekanbaru Provinsi Riau)”. Inersia: Jurnal Teknik Sipil, Vol. 14, No.1, 35–40.
Marga, D. B, (1990). “Panduan Survei Dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas”. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta
Saleh, S. M., Tamin, O. Z., Sjafruddin, A., & Frazila, R. B, (2009). “Pengaruh muatan truk berlebih terhadap biaya pemeliharaan jalan”. Jurnal Transportasi, Vol. 9, No.1, 79-89.
Marga, D. B, (2011). “Panduan Teknis Pelaksanaan Laik Fungsi Jalan”. Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.36294/batas.v2i1.3087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Program Studi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.
Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Telp/WA : 08116238200 - 081370812552
E-Mail : batasjurnal@gmail.com
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License