ANALISA PENGARUH GERBANG TOL TEBING TINGGI-MEDAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TEBING TINGGI
Abstract
Jalan tol atau jalan bebas hambatan adalah suatu jalan yang dikhususkan untuk pengendara bersumbu dua atau lebih seperti mobil, bus, truk dan lain sebagainya, dan bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh dari suatu tempat ke tempat lain. Penelitian ini bertujuan untukl mengukur kinerjal lalu lintasl pada ruasl jalan yangl diperkirakan akanl terpengaruh olehl adanya pergerakanl dari gerbangl tol tebing tinggi – lmedan dan untukl menghitung nilail tarikan perjalananl yang terjadil akibat adanyal gerbang toll tebing tinggi - medan. Pengumpulan data dikumpulkan yaitu data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil pengamatan/survei di lokasi yakni Jalan Tebing tinggi dan data sekunder yaitu data yang diambil dari berbagai literatur untuk kelengkapan isi pada data primer. Data penelitian yang digunakan adalah data hasil survei lalu lintas yang diperoleh dari survei lapangan pada lokasi penelitian selama enam hari dari hari Senin, 04 – Sabtu, 09 Oktober 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kapasitas ruas jalan lintas Tebing Tinggi – Medan adalah sebesar 3365 smp/jam, nilai bangkitan dan tarikan akibat adanya Gerbang tol Tebing Tinggi – Medan diambil yang dengan jumlah yang tertinggi yaitu 750 smp/jam dan Kinerja pelayanan akibat aktifitas Gerbang Tol Tebing Tinggi – Medan pada ruas jalan lintas Tebing Tinggi – Medan akibat Tarikan adalah dengan rasio V/C 0,52 pada arah Utara dan 0,68 pada arah Selatan, masuk kedalam Tingkat Pelayanan C dengan batas lingkup rasio V/C yaitu 0,45– 0,74, dengan kondisi karakteristik “Dalam zona arus lalulintas stabil. Pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatannya.
Full Text:
PDFReferences
Fitriyanti K, Lucia G J Lalamentik, Mecky R E Manoppo, (2020). “Evaluasi Geometrik Jalan Pada Ruas Jalan Trans Sulawesi Manado-Gorontalo Di Desa Botumoputi Sepanjang 3 Km”. Jurnal Sipil Statik Vol.8, No.3, 353-360.
J Manullang, H Samosir, (2019). “Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Medan –Tebing Tinggi Terhadap Usahan Mikro Kecil dan Menengah”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia Vol. 3, No.1, hal. 45.
Indri Mayasari, (2019). “Puaskah Pelanggan Tol Terhadap Transaksi Non Tunai ? (Survey Pada Gerbang Tol Pasteur, Purbaleunyi Bandung)”. JURNAL E-BIS Vol. 3, No.2.
Rahmad H, H. Widyastut dan C.Buana, (2019). “Evaluasi Kinerja dan Pelayanan Gerbang Tol (Studi Ksus: Gerbang Tol Sei Rempah dan Gerbang Tol Tebing Tinggi Ruas Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi)”. Jurnal Teknik ITS Vol. 8, No 2 E71-E77.
. T K Aji, S Winarto, A Ridwan, A I Candra, (2019)”. Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Hotel Front One Tulungangung Kabupaten Tulungagung”. JURMATEKS, Vol. 2, No. 2.
Tamin, O.Z, (2000). “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”, Penerbit Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Dirjen Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan Kota, (1997) “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.36294/batas.v1i2.2564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)
Program Studi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.
Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Telp/WA : 08116238200 - 081370812552
E-Mail : batasjurnal@gmail.com
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License