ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE BERDASARKAN DATA BORING/SPT PADA PROYEK PEMBANGUNAN PASAR BARU PANYABUNGAN KABUPATEN MADINA

Selidiki Nduru, Simon Petrus Simorangkir

Abstract


Salah satu komponen utama dan terpenting dari sebuah struktur bangunan adalah pondasi. Pondasi berfungsi sebagai penopang beban struktur bangunan yang ada diatas nya. Dalam analisis ini, penulis berfokus pada pondasi bored pile dengan tujuan
untuk mengetahui dan menganalisa besarnya kapasitas daya dukung ultimit pondasi. Daya dukung ultimit pondasi bored pile sendiri berada pada tahanan ujung ultimit tiang (Qu) dan berada pada tahanan dukung gesek ultimit tiang (Qs). Untuk menganalisa kapasitas dukung ultimit pondasi bored pile dihitung berdasarkan data Standart Penetration Test (SPT) pada titik BH-1 dengan kedalaman 30 meter, dan diameter tiang 400 mm. Metode yang dipakai dalam menganalisa yaitu metode Mayerhof dan metode Luciano de Court. Dari hasil perhitungan daya dukung pondasi bored pile menggunakan metode Mayerhof berdasarkan data boring/SPT pada titik BH-1 diperoleh Qu sebesar = 567,954 ton dan Qa sebesar = 227,182 ton. Dari metode Luciano de Court diperoleh Qu sebesar = 534,111 ton dan Qa sebesar = 213,644 ton. Dari hasil analisa kapasitas dukung pondasi bored pile berdasarkan data SPT dengan menggunakan metode Mayerhof dan metode Luciano de Court disimpulkan bahwa daya dukung pondasi bored pile dari hasil metode Mayerhof lebih unggul jika dibandingkan dengan metode luciano de Court.

Kata kunci : pondasi bored pile, kapasitas daya dukung, SPT


Full Text:

PDF

References


Hulu, H.B, dkk. 2015. Analisa Daya Dukung Pondasi Bore Pile Dengan Menggunakan Metode Analitis Proyek Manhattan Mall dan Condominium. Jurnal Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara.

Jusi, Ulfa. 2015. Analisa Kuat Dukung Pondasi Bored Pile Berdasarkan Data

Dewi, Kartika, dkk. 2020. Perbandingan Analisa Daya Dukung Pondasi Bored Pile Menggunakan Metode Luciano Decourt dan Software Plaxis Pada Pembangunan Apartemen La Montana Bogor. Jurnal Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan.

Hakam, Abdul, 2008. Rekayasa Pondasi. Padang : Cv. Bintang Grafika.

Frick, Heinz, dkk. 2001. Ilmu Konstruksi Struktur Bangunan. Yogyakarta : Kanisius.

Hardiyatmo, H.C. 1996. Teknik Fondasi 1. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Hardiyatmo, H.C. 2015. Analisis dan Perancangan Fondasi II. Edisi Ketiga,Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurnal%20batas.v1i1.2389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.